Tips Sederhana Merawat Kanvas Rem Mobil

Ahad, 12 Oktober 2014 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Rem merupakan komponen paling vital dalam pengoperasian mobil. Selain memberikan rasa nyaman kala mengendarai mobil, rem juga penuntu kemanan berkendara. Menurut Haryadi, mekanik di Bengkel LA 40 Auto Care, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, fungsi rem sangat tergantung pada cara perawatannya. "Kalau abai merawat, tentu saja rem tidak akan berfungsi maksimal," kata Haryadi kepada Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia.

Dalam perawatan rem, Haryadi melanjutkan, yang terpenting adalah pengecekan secara rutin. Terutama pada ketersediaan minyak rem. Apabila minyak rem hanya lebih sedikit dari batas minimal, sebaiknya Anda mengecek apakah ada kebocoran. Sebab pada kondisi normal, pengurangan minyak rem mobil tidak cepat terjadi. 

“Minyak rem sebaiknya diganti setiap 25 ribu kilometer,” kata dia. Sebab kualitas minyak rem yang sudah menurun akibat masa pemakaian dapat menyebabkan rem menjadi blong. "Agar rem berfungsi maksimal, sebaiknya menggunakan minyak rem yang sesuai rekomendasi produsen mobil.”

Secara rutin, pemilik juga harus memeriksa kondisi kanvas rem. Ini untuk mencegah kerusakan dini pada permukaan dinding piringan rem mobil. Pergantian kanvas sebaiknya pada masa pemakaian kurang lebih tinggal 20 persen. Karena kanvas rem yang sudah terlalu tipis dapat mengurangi daya pengereman pada mobil. 

"Semakin tipis kanvas rem, maka banyak benda dapat melekat pada permukaan piringan rem. Akhirnya mempercepat keausan rem," katanya.  

Haryadi juga menyarankan, pengemudi memeriksa piston pada sistem rem. Fungsi dari piston ini adalah untuk menggerakkan kaliper penjempit kanvas ke piringan rem. Jika terjadi kemacetan pada piston, kaliper tidak dapat bergerak. Kondisi ini sangat membahayakan pengemudi, sebab rem dapat mengunci dalam waktu seketika. 

“Kemacetan pada piston tersebut bisa terjadi karena karat di sekitar piston rem atau kerusakan pada karet piston,” ujar dia.

Selain membutuhkan perawatan, fungsi rem juga terpengaruh oleh gaya mengemudikan mobil. Bahkan serutin apapun pemilik mobil melakukan perawatan, umur kanvas rem akan semakin singkat kalau kalau gaya mengemudi kasar atau ugal-ugalan. “Kondisi lalu lintas juga berpengaruh. Semakin macet lalu lintas, tambah singkat pula umur kanvas rem,” katanya.[yho] 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT