Mempersiapkan Diri Jika Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas

Jumat, 10 Oktober 2014 - 00:00:21 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Hamil di usia 35 tahun ke atas termasuk dalam kehamilan berisiko tinggi. Karena itu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jika kita hamil di usia tersebut. Apa saja?

“Dewasa ini, banyak sekali perempuan yang menikah pada usia 30 tahun ke atas karena berbagai macam alasan. Entah karena karier atau baru menemukan pasangan hidup yang pas. Jika ditilik, berarti mereka akan hamil di usia 30 tahun ke atas juga, bukan? Nah, hamil saat usia di atas 35 tahun sudah termasuk hamil berisiko tinggi,” ujar Dr. Nurdadi Saleh, Sp.oG., saat berbincang dengan Fimela Family.

Ibu yang hamil di usia 35 tahun ke atas harus berhati-hati karena akan cepat lelah ketika mengandung. Kemudian, kita juga berisiko mengalami komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia atau placenta previa. Untuk bayi, ia bisa berisiko down syndrome atau lahir prematur. Keguguran, juga jadi hal yang sulit kita hindari.

“Berbagai macam penyakit pada ibu dan bayi bisa timbul. Tapi jangan khawatir, bukan berarti ibu yang menikah di usia 30 tahun ke atas tidak boleh hamil, namun ia harus lebih peduli dengan keadaannya. Dokter atau ginekolog bisa mendeteksinya. Misalnya, sebelum hamil kita periksa apakah ibu memiliki diabetes, toksoplasma, atau penyakit-penyakit lainnya. Setelah diperiksa, barulah ibu bisa hamil dengan rajin kontrol ke dokter,” kata Dr. Nurdadi. [vml]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT