Penampakan Gerhana Bulan Total, Ini Waktu Munculnya

Penampakan Gerhana Bulan Total, Ini Waktu Munculnya

Metroterkini - Gerhana Bulan Total (GBT) akan muncul pada hari ini atau Rabu (8/10/2014). Fase Bulan Purnama ini berlangsung pada pukul 17.51 WIB dan dapat disaksikan di beberapa wilayah di Indonesia.

Website Personal.fmipa.itb.ac.id oleh peneliti Observatorium Bosscha F-MIPA ITB, Moedji Raharto menjelaskan, GBT 8 Oktober 2014 dimulai pada saat Bulan memasuki kawasan Penumbra pada jam 15:16 WIB, pertanda tahap gerhana Bulan Penumbra dimulai. Kemudian, Bulan memasuki kawasan Umbra Bumi pada pukul 16.15 WIB dan seluruh permukaan Bulan memasuki Umbra Bumi, pertanda momen GBT dimulai pada 17.25 WIB.

Momen GBT akan berakhir pada 18.24 WIB, di mana Bulan meninggalkan Umbra Bumi pada pukul 19.34 WIB. Moment GBT ini berlansung selama 59 menit.

Fenomena gerhana bulan ini dapat disaksikan  hampir di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di Banda Aceh. Dua wilayah seperti Sorong dan Jayapura menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan momen gerhana bulan 8 Oktober 2014.

Sementara di kota lainnya seperti Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Tanjung Selor,  Manado, Gorontalo, Palu, Mamuju,  Makassar,  Kendari,  Ternate,  Ambon,  Sorong,  Jayapura,  Kupang,  Mataram,  Denpasar dan Surabaya juga dapat menyaksikan seluruh momen GBT 8 Oktober 2014.

Momen ini berlangsung sejak 17.25 WIB hingga pukul 18.24 WIB. Sedangkan di kota seperti Tanjung Pinang, Palembang, Bandar Lampung, Pangkal Pinang, Pontianak,  Semarang, Yogyakarta, Bandung, Serang, Jakarta,  Pelabuhan Ratu, penduduk setempat dapat menyaksikan momen pertengahan GBT 8 Oktober 2014 yang berlangsung pada pukul 17.55 WIB hingga momen akhir GBT pada pukul 18:24 WIB. [rdm]

Berita Lainnya

Index