Batu Permata Sumatera Sudah Masuk Katagori Batu Mulia

Rabu, 08 Oktober 2014 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Di dunia ada ribuan batu mulia, namun hanya sekitar 174 jenis batu mulia dan batu akik yang dikenal kekondangnya, seperti Afrika, Myanmar (Burma), Thailand, Iran hingga daerah pecahan negara Rusia, serta Asia Tenggara.

Di Indonesia saja, ada 20 jenis batu mulia yang bisa ditemukan mulai dari Aceh hingga Lampung. Di Aceh, dikenal batu Indocrase atau batu yang berwarna hijau lumut. Ada pula batu Sungai Dareh yang banyak ditemukan di daerah Dharmasraya, Sumatera Barat.

Batu ini menurut warga ada yang mengandung magic dan kesaktian, namun ada juga yang memakai sebagai perhiasan, bahkan harga batu ini menjadi selangit setelah di populerkan oleh Mentri Dalam Negri, Gamawan fauzi melalui SBY.

"Batu ini dipakai SBY dan diberikan kepada presiden Amerika, Obama, hingga batu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan warga Indonesia," Jelas Pengasah batu Sar warga Desa Belimbing, tanah Datar, Sumbar, dipasar Baru Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Di Pulau Jawa mulai dari Banten, Garut, Purbalingga, Gombong, Kebumen, Wonogiri khususnya di daerah Kismantoro, Donorojo Pacitan hingga Trenggalek Jawa Timur, juga banyak ditemukan berbagai jenis batu mulia.

Sementara pernyataan dari Ketua Asosiasi Perajin Perhiasan dan Batu Permata Jatim, H Moh Fathoni Masruchan mengatakan, terdapat empat jenis batu mulia yang memiliki nilai tinggi dan paling diminati, yaitu Ruby, Saphir, Zamrud, dan Mata Kucing. Harganya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 miliar.

Namun batu akik yang terdapat di dalam negeri sebenarnya juga tidak ketinggalan. Saat ini justru sedang ramai di para penggemar batu akik memburu batu dalam negeri. Harganya pun mampu bersaing dengan batu mulia dari luar.

"Yang menjadikan mahal itu dilihat dari empat hal, yaitu kebersihannya, warna (semakin tua semakin mahal), kehalusan gosokan batunya, dan berat atau karat," kata Fathoni.(jho)


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT