Tengku Romainur: Banyak Pemain Proyek di Siak di Balik Layar

Tengku Romainur: Banyak Pemain Proyek di Siak di Balik Layar

Metroterkini.com - Bukan rahasia umum dikalangan kontraktor terutama di Siak, sejumlah proyek yang dimenangkan perusahaan pemenang tender tapi kenyataan pekerjaan di lapangan dilakukan oleh orang lain. Semua terjadi berkat negoisasi dengan istilah paket pekerjaan diatur antara pemenang tender termasuk panitia.

Demikian disampaikan tokoh masyarakat Siak, Tengku Romainur yang juga mantan pegawai inspektorat Kab Siak kepada wartawan, Rabu (8/10 ) di kantor Bupati Siak. Menurutnya hak itu bukanlah rahasi umum lagi, setiap musim proyek banyak yang melakukan negoisasi untuk mendapatkan paket pekerjaan yang notabene mereka yang negoisasi bukanlah orang yang sembarangan. "Setelah dapat paket yang bekerja bukanlah perusahaan pemenang tender namun pihak lainy," katanya.

Hal itu menurut Romainur lagi, itu terjadi setiap musim proyek begitu terus kondisinya. "Ini yang belum tersentuh KPPU Pusat. Kami mohon ini ditelusuri karena ini persaingan tidak sehat yang ada di daerah. Persaingan yang sudah mengakar dan mendarah daging," katanya.

Soal Pelelangan LPSE, dia mengakui hal itu seakan hanya melepas dari aturan atau mengikuti aturan biar tidak salah, namun dibelakang layar masih ada permainan. Ia mengaku punya catatan sendiri terkait fenomena yang terjadi, bahkan dirinya siap jika KPPU Pusat meminta koordinasi bahkan tertulispun ia berani sampaikan.

"Saya secara pribadi kurang percaya dengan kinerja LPSE, pihaknya juga berani audensi dengan mereka atas nama masyarakat yang memang juga punya wewenang untuk melakukan pengawasan termasuk media massa," ujarnya.

Menyikapi persoalan tersebut, Romainur berharap anggota dewan yang baru dilantik ini agar lebih pro aktif melakukan fungsi sosial kontrolnya dan pengawasan termasuk media yang ada di Siak. " Kita berharap kepada dewan yang baru lebih aktif melakukan fungsi kontrol termasuk rekan-rekan media," kata Romainur. [zul]

Berita Lainnya

Index