Bupati Bengkalis Buka Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Metroterkini.com -  Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencnana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkalis Tahun 2020, di Lantai IV Kantor Bupati, Rabu (20/3/19).

Hadir dalam Musrembang tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, Rahmad Rahim mewakili Kepala Bappeda Riau dan anggota Forkopimda, berbagai komponen masyarakat seperti dari Kadin, akademisi dan mahasiswa, juga mengikuti Musrenbang yang mengambil tema “Menuju Kemandirian Desa yang Berkeariban Lokal” tersebut.

Dalam paparannya, Rahmad Rahim menejlaskan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) Provinsi Riau 2017 lalu, menduduki peringkat ke-6 se-Indonesia. Selain itu, IPM Riau juga lebih tinggi daripada nasional. Kendati secara nasional IPM Riau lebih tinggi dari nasional, namun IPM Kabupaten Bengkalis lebih tinggi IPM Riau.

“IPM Kabupaten Bengkalis tahun 2017 sebesar 72,27. Ini bermakna penganggaran pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Bengkalis sudah tepat sasaran,” jelasnya memuji keberhasilan Pemkab Bengkalis.

Rahmad Rahim yang merupakan Pejabat Fungsional di Bappeda Riau itu menjelaskan, IPM atau Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia.

IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang. Dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup.

Menurut Badan Pusat Statisitik (BPS), IPM memiliki beberapa manfaat. Yakni, sebagai indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).

“Tahun 2017, IPM Riau 71,79, sedangkan secara nasional hanya 70,99,” jelas mantan Kepala Bappeda Provinsi Riau, Rahmad Rahim itu, mengutip data  BPS.

Dia menjelaskan, adapun komponen penyusun IPM Riau tahun 2017 adalah harapan lama sekolah (13,03 tahun), rata-rata lama sekolah (8,76 tahun), angka harapan hidup (70,99 tahun) dan pengeluaran perkapita yang disesuaikan Rp10.677 (dalam ribu rupiah).

Sedangkan untuk Kabupaten Bengkalis, angka-angka komponen pemenuhan IPM tersebut adalah harapan lama sekolah (12,73 tahun), rata-rata lama sekolah (8,89 tahun), angka harapan hidup (70,69 tahun) dan pengeluaran perkapita yang disesuaikan Rp11.530 (dalam ribu rupiah).

Kemudian, IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara. Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU). [diskominfo-rud]
 

Ketua DPRD Abdul Kadir, Bupati Bnegkalis, Amril Mukmini, Rahmad rahim dan Kepala BPMD Yuhelmi

Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir saat pembukaan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Foto bersama saat acara pembukaan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

. Forkopimda Bengkalis dalam kegitan pembukaan Musrenbang RKPD 2020

Para Kepala Dinas dilingkup Pemda Bengkalis saat ikuti Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Para Pejabat Bengkalis dalam Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Kepala Dinas PMD Bengkalis, Yuhelmi dalam Pembukaan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Bupati dan Ketua DPRD dalam pembukaan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Forkopimda dan para peserta Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Suasana Pembukaan Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka Musrenbang Penyusunan RKPD 2020