Onozitoli Tabaloho jadi Desa Kedua yang Dinyatakan ODF

Rabu, 26 Januari 2022 - 19:48:44 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Desa Onozitoli Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli Selatan menjadi Desa kedua di Kota Gunungsitoli yang berhasil menjadi Desa ODF (Open Defication Free) atau bebas dari buang air besar sembarangan. Hal itu dinyatakan pada kegiatan pendeklarasian yang dilaksanakan di Kantor Desa Onozitoli Tabaloho pada hari Selasa, 25 Januari 2022. 

Kegiatan pendeklarasian tersebut ditandai dengan pembacaan teks deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan yang diikuti oleh masyarakat Desa Onozitoli Tabaloho dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi ODF oleh Camat Gunungsitoli Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan, Kepala Desa Onozitoli Tabaloho, dan masyarakat Desa Onozitoli Tabaloho. 

Desa Onozitoli Tabaloho sendiri dinyatakan ODF setelah seluruh rumah warga dan fasilitas umum di Desa tersebut telah memiliki jamban sehat dan telah melalui hasil verifikasi lapangan oleh tim dari Puskesmas Gunungsitoli Selatan. 

Camat Gunungsitoli Selatan Selamat P. Harefa, SE dalam arahannya mengapresiasi keberhasilan Desa Onozitoli Tabaloho sebagai desa yang bisa bebas dari buang air besar sembarangan. 

“Harapan kami kepada Pemerintah Desa, Kepala Desa, dan BPD agar terus memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat dan bagi keluarga yang akan membangun rumah agar selalu diingatkan untuk membangun jamban sehat beserta kelengkapannya,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan Sosaidaman Zebua, S.Kep juga mengucapkan selamat dan berterimakasih atas komitmen yang sudah ditunjukkan oleh seluruh aparat desa dan warga desa Onozitoli Tabaloho.

“Ini adalah sebuah prestasi, dikarenakan ini adalah desa kedua yang berani dan mempunyai komitmen untuk mendeklarasikan diri sebagai desa yang stop buang air besar sembarangan.”

“Harapan kami kepada pemerintah desa Onozitoli Tabaloho agar bisa dibuat suatu ketentuan desa. Yaitu setiap rumah tangga yang akan membangun rumah wajib mempunyai jamban sehat,” ucapnya menegaskan.

Sementara itu, kepada desa Onozitoli Tabaloho Elman Harefa dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Puskesmas Gunungsitoli Selatan yang selama ini terus memberikan motivasi dan semangat kepada warga desa Onozitoli Tabaloho dalam bidang kesehatan. 

“Kami juga berterimakasih kepada Pemerintahan Kecamatan Gunungsitoli Selatan yang telah mendukung dan mendorong desa untuk kegiatan pendeklarasian menjadi desa ODF di tahun 2022 ini,” ujar Kepala Desa Onozitoli Tabaloho.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Unsur Forkopimka Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Ketua BPD Desa Onozitoli Tabaloho, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gunungsitoli Selatan serta para undangan. [epianus]