Puskesmas Sungai Apit Gelar Vaksinasi di SMPN 5 Teluk Masjid

Ahad, 05 Desember 2021 - 23:04:17 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Demi percepatan program vaksinasi covid-19, di Kabupaten Siak, Dinas Kesehatan Siak melalui Puskesmas Sungai Apit kembali menggelar vaksinasi di SMP 5 Kampung Teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (4/12/2021).

Kepala Puskesmas Sungai Apit Dr,Adrian Hidayat mengatakan,  bahwa pelaksanaan vaksinasi di SMP 5 Sungai Apit hari ini, tidak diberikan kepada Pelajar saja, tapi diberikan juga kepada masyarat umum seperti Rentan dan Lansia. 

Untuk para Pelajar Siswa Siswi usia 12- 17, telah mendapatkan suntik vaksin dosis 1 vaksin Jenis Pfizer sebanyak 12 Orang, sementara dosis 2 sebanyak 42 Orang, juga vaksin jenis Pfizer, sedangkan vaksin jenis Sinovac diterima oleh usia 12-17, sebanyak 31 Orang.

Selain itu, Adrian menyebut, bahwa dosis 1 vaksin Jenis Pfizer, telah diberikan kepada masyarakat umum sebanyak 41 Orang penerima, dosis 2 sebanyak 5 Orang, sementara vaksin Jenis Sinovac dosis 1 diterima oleh masyarakat sebanyak 1 Orang, sedangkan dosis 2 sebanyak 32 Orang.

Selanjutnya, dosis 1 Jenis Pfizer selain masyarakat, juga telah diberikan kepada Rentan sebanyak 7 Orang, Lansia 1 Orang, dosis 2 kosong, tapi  vaksin Jenis Sinovac dosis 2 ada diterima lansia sebanyak 2 Orang , Rentan 4 Orang.

Total seluruh vaksin yang diterima masyarakat umum, para pelajar usia 12-17, Lansia dan dan Rentan, baik dosis 1 jenis Pfizer, dosis 2 Jenis Pfizer, juga vaksin Jenis Sinovac dosis 1 dan 2, sebanyak 178 Orang, Tunda 8 Orang.

Adrian berharap, semoga vaksinasi di kecamatan Sungai Apit, baik dosis 1 maupun 2, agar bisa terlaksana secepatnya, hal ini tentunya perlu dukungan dari semua pihak, demi menghindari penyebaran virus corona yang saat ini masih belum usai. 

" Untuk mengejar target, kita akan terus melaksanakan vaksinasi di kecamatan Sungai Apit ini, sehingga seluruh masyarat dipastikan telah mendapatkan Suntik vaksin" kata Adrian Kepala Puskesmas Sunggai Apit itu.

Ditempat terpisah, Kepala Puskesmas Sungai Apit Dr, Adrian Hidayat, mengatakan, terkait vaksinasi pada Jum'at (3 Desember 21) yang dilaksanakan di Puskesmas Sungai Apit menghabiskan vaksin sebanyak 202 penerima, sementara 5 Orang masih tertunda.

Dari 202 vaksin Dosis 1 Jenis Pfizer yang telah diberikan itu, yang diterima masyarakat umum sebanayak 19 Orang, Rentan 4 Orang, Usia 12-17 Tahun 30 Orang, Guru 1 Orang dan Lansia 1 Orang, seluruhnya berjumlah 55 Orang

Sementara  Dosis 2 Jenis Pfizer dihabiskan untuk 113 Orang Penerima, dari angka tersebut, bagi masyarakat umum menerima vaksin sebanyak 17 Orang, dan  Usia 12-17, Tahun  sebanyak 96 Orang,

Sedangkan vaksin Jenis Sinovac  Dosis 2 diberikan kepada masyarakat umum sebanyak 8 Orang, Rentan 1 Orang, Usia 12- 17 Tahun 25 Orang, dengan Total jumlah sebanyak 34 Orang penerima.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Siak Tonny Chandra kepada metroterkini.com, Sabtu siang, meminta kepada jajaran yang ada di kabupaten Siak, agar pelaksanaan vaksinasi tidak hanya di Puskesmas semata, tapi usahakan sampai ke kampung-kampung, agar percepatan vaksinasi akan segera terwujud seperti yang diharapkan.

Menurut Tonny, hal ini dilakukan, buat antisipasi, mengingat adanya ancaman Varian baru yang lebih besar lagi penularannya, ini yang harus kita waspadai, maka dari itu kita jangan lengah, lakukan vaksinasi, agar bisa membuat kekebalan pada Tubuh, sekurang- kurangnya, bisa sedikit menghambat virus yang sewaktu- waktu bisa saja menyerang tubuh kita.

" Sungguhpun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap di jaga, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan" Harap Tonny.

Kegiatan vaksinasi berlangsung pengawasan dan pengamanan dilakukan Bhabinkamtibmas Kampung Teluk Mesjid Polsek Sungai Apit Aipda Dodo Putra, sehingga situasi didapat dalam keadaan aman kondusif dan lancar sampai selesai. [Ibrahim]