Tahun 2022 Dana Hibah untuk KNPI Bengkalis Nol

Rabu, 01 Desember 2021 - 13:51:23 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tahun depan terpaksa gigit jari karena tidak akan mendapat dana hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkalis, Selasa (30/11/21).

Pasalnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis telah mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Bupati Kabupaten Bengkalis agar dana hibah kepada Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkalis di nol kan alias di kosongkan.

Hal ini disampaikan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Bengkalis, Al Azmi dalam Rapat Paripurna Laporan Badan Anggaran DPRD terhadap RAPBD tahun anggaran 2022 dan sekaligus pengambilan keputusan, Senin (29/11/21) malam.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD H. Khairul Umam, Lc. M.E. Sy., Didampingi Wakil Ketua Syahrial, S.T., Syaiful Ardi, dan dihadiri Bupati Bengkalis Kasmarni sertakan para kepala OPD.

Alasan Al Azmi karena saat ini ada tiga kubu kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Bengkalis. Masing-masing kubu mengklaim sebagai pengurus yang sah. Untuk itu, ia mengingatkan Bupati Bengkalis Kasmarni agar anggaran hibah KNPI di nol kan baik di APBD murni 2022 maupun di APBD perubahan.

"Saya ingatkan buk Bupati agar anggaran hibah KNPI tahun 2022 di nol kan. Sebab, bukan lagi dualisme kepengurusan, tapi sudah tripelisme," kata Al Azmi.

Sebagai informasi, saat ini dewan pimpinan daerah (DPD) KNPI Kabupaten Bengkalis ada tiga kelompok kepengurusan, yakni kelompok Andika Putra Kenedi, Hendrik Firnanda Pangaribuan dan Iwan Saputra. Ketiga kelompok ini lahir dari Musda DPD ke XIII KNPI Kabupaten Bengkalis dengan waktu berbeda.

Pada Musda DPD ke XIII tanggal 27 Maret 2021 terpilih secara aklamasi Andika Putra Kenedi sebagai ketua untuk periode 2021-2024.

Kemudian lima bulan kemudian, tepatnya pada 22 Agustus 2021 muncul lagi Musda DPD ke XIII KNPI Kabupaten Bengkalis. Dalam Musda ini terpilih secara aklamasi Hendrik Firnanda Pangaribuan sebagai ketua untuk masa bakti 2021-2024.

Tiga bulan kemudian, tepatnya 7 November 2021 muncul lagi kelompok yang menamakan DPD KNPI Kabupaten Bengkalis. Kelompok ini kemudian menggelar Musda DPD ke XIII KNPI. Dalam Musda ini terpilih secara aklamasi sebagai ketua Iwan Saputra untuk masa bakti 2021-2022.

Mencermati dinamika yang terjadi di tubuh DPD KNPI Kabupaten Bengkalis saat ini, Al Azmi mengingatkan pemerintah daerah agar tidak mencampuri kemelut KNPI. Salah satunya tidak mengucurkan dana hibah kepada KNPI tahun anggaran 2022. 

Sebab, ungkap Al Azmi, niat baik pemerintah daerah dalam memfasilitasi peningkatan SDM pemuda justru dikhawatirkan menjadi kontraproduktif dengan program bupati atau pemerintah daerah.

"Ketiganya mengaku pengurus yang sah. Kalau dikucurkan kubu siapa yang berhak menerima. Dan pertanggungjawabannya bagaimana?," ujarnya. [rudi]