Terlalu Sering Mengeluh Justru Bikin Lebih Stres

Rabu, 24 November 2021 - 23:41:50 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Saat sedang stres dan dilanda banyak masalah, apakah kamu tipe yang senang mengeluh? Tak bisa disangkal, mengeluh memang terkadang membuat kita merasa jauh lebih lega karena telah meluapkan emosi negatif.

Namun kita tahu bahwa mengeluh bukanlah kebiasaan yang baik, terlebih apabila dilakukan terlalu sering. Alih-alih merasa lega dan beban terasa seperti terangkat, mengeluh berlebihan alias terlalu sering justru berbahaya bagi kesehatan, lho!

Apa saja, sih, bahaya yang timbul apabila kamu terlalu banyak mengeluh? Dirangkum dari Bustle, yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Mengeluh memang terkadang membuat hati kamu menjadi lebih lega. Namun, jika dilakukan berlebihan, ternyata kamu hanya akan menjadi jauh lebih stres, lho!

Pada dasarnya ketika mengeluh, kamu seperti menghidupkan kembali hal-hal yang membuat kamu kesal. Jadi tidak heran jika kebiasaan ini bisa membuat kamu menjadi lebih stres.

Meningkatkan Perasaan Negatif
Salah satu cara instan yang sering dilakukan untuk mengeluarkan emosi negatif dalam pikiran adalah dengan mengeluh. Tapi ternyata jika dilakukan terus-menerus, tubuh kita akan masuk ke dalam 'lingkaran setan' dari rasa stres dan energi negatif yang tidak baik bagi kesehatan, lho!

"Ketika kita dikelilingi pikiran negatif yang begitu kuat, itu akan memperkuat respons otomatis (fisik) yang akan memicu lebih banyak pikiran negatif," ungkap konselor profesional, Adina Silvestri, EdD, LPC seperti dikutip dari Bustle.

Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk mengeluh dan fokus pada masalah, ini akan berakibat buruk bagi kesehatan mental. Parahnya, masalah yang kamu miliki juga bisa ikut bertambah buruk.

Ketika mengeluh, kamu akan memandang masalah atau kehidupan dalam perspektif yang negatif. Memiliki pandangan yang negatif tentang kehidupan hanya akan meningkatkan rasa sedih, depresi, dan kecemasan.

Setiap orang pasti memiliki coping mechanism masing-masing saat berhadapan dengan rasa stres. Coping mechanism sendiri adalah strategi yang dilakukan dalam menghadapi situasi yang menyebabkan stres.

Tak sedikit yang menjadikan mengeluh sebagai coping mechanism. Mungkin kamu akan merasa lega, namun perasaan itu hanya bertahan sementara. Hal ini tentu tidak membantu kesehatan mental saat kamu sedang dilanda stres.

Ketika kamu terus-terusan mengeluh, artinya kamu menggunakan energi negatif sebagai coping mechanism yang tidak sehat. Jika nantinya sesuatu yang buruk terjadi , kamu merasa telah 'mempersiapkan diri' untuk rasa kecewa, padahal kenyataannya kamu akan tetap merasa kecewa.

Mengatasi masalah hidup dapat berdampak buruk bagi kesehatan, maka penting untuk memusatkan perhatian kamu dengan mencari solusi dengan cara yang sehat dan positif.

Berpikir positif tentu bukan artinya mengabaikan masalah dan tekanan hidup yang ada, namun akan lebih baik jika kamu menghadapi kesulitan dengan cara yang lebih produktif dan baik untuk kesehatan tubuh. ***