WhatsApp Perkenalkan Fitur Baru pada Pesan Audio 

Rabu, 24 November 2021 - 23:09:29 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - WhatsApp sudah menguji coba fitur yang bisa mengubah kecepatan pesan suara atau voice note saat diputar di aplikasi Android dan iOS. Fitur itu rupanya cukup sukses karena WhatsApp sudah menyiapkan versi terbarunya.

Fitur pengatur kecepatan pemutaran atau playback speed ini bisa digunakan untuk mengubah kecepatan pesan suara menjadi 1,5x atau 2x lebih cepat. Kini WABetaInfo mengungkap bahwa fitur yang sama akan dihadirkan untuk pesan audio.

Tapi, apa itu pesan audio dan apa bedanya dengan pesan suara? Menurut WABetaInfo, pesan audio adalah pesan suara yang sudah diteruskan ke kontak lain.

Saat diteruskan ke chat lain, pesan suara kehilangan fitur pengaturan kecepatan playback dan hanya bisa diputar dengan kecepatan normal. Tapi itu akan segera berubah karena WhatsApp sedang mengembangkan fitur pengubah kecepatan playback di pesan audio.

WABetaInfo mengatakan fitur ini sedang dikembangkan di WhatsApp beta untuk iOS. Karena masih dalam tahap pengembangan, fitur ini belum bisa diakses oleh pengguna WhatsApp termasuk pengguna yang masuk dalam program beta.

Dari GIF yang diunggah WABetaInfo, pesan audio di WhatsApp bisa dipercepat hingga 2x. Meski tidak terlihat, kemungkinan WhatsApp juga akan menyediakan opsi kecepatan 1,5x agar sama seperti opsi di pesan suara, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (24/11/2021).

Fitur pengubah kecepatan playback di pesan audio WhatsApp Foto: WABetaInfo
Walau baru ditemukan di WhatsApp beta untuk iOS, fitur ini pasti akan dikembangkan untuk Android juga. Belum diketahui kapan fitur ini akan digulirkan ke lebih banyak pengguna.

Sementara itu, WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru bernama 'Message-level Reporting' dan 'Flash Calls'. Fitur ini dirilis untuk meningkatkan keamanan pengguna di platform WhatsApp.

Fitur Message-level Reporting memungkinkan pengguna untuk melaporkan sebuah akun ke WhatsApp dengan menandai pesan tertentu. Sementara fitur Flash Call memungkinkan pengguna memverifikasi nomor telepon dengan panggilan otomatis saat menginstal aplikasi WhatsApp. [**]