Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya

Selasa, 10 Agustus 2021 - 23:08:20 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com  - Belakangan ini banyak orang ramai-ramai mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk kartu. Sertifikat vaksin sendiri aslinya didapatkan secara online setelah mengikuti proses vaksinasi, yang bisa diunduh di website resmi Pedulilindungi.id

Alasan masyarakat memilih mencetak sertifikat vaksin berbentuk kartu, karna lebih mudah membawanya dapat disimpan di dalam dompet dan ditunjukkan saja. Pasalnya, bukti sertifikat vaksin wajib ditunjukkan di beberapa tempat. Tetapi, mencetak sertifikat dalam bentuk kartu nyatanya cukup berbahaya bagi kita.

Bukan tanpa alasan, mencetak sertifikat vaksin akan membuat datamu mudah dicuri. Seperti yang kita tahu, dalam sertifikat tersebut tersimpan nomor KTP dan QR Code yang juga memiliki data penting terkait vaksinasi Covid-19.

"Pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 perlu menyadari bahwa sertifikat tersebut menyimpan data pribadi seperti nomor KTP dan QR code yang berisi data pribadi lainnya," ungkap juru bicara Kominfo Dedy Permadi.

"Kami mengimbau agar pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat menjaga dengan baik data-data yang tersimpan di dalamnya," tambahnya, dikutip dari Grid.

Untuk menghindari kebocoran data dari pencetakan kartu vaksin, ada baiknya kamu mencetak sendiri di rumah dengan dicetak biasa, lalu dilaminating atau disimpan dalam bentuk kertas. Apabila ingin lebih bagus, bisa dicetak sendiri dengan kertas foto.

Namun, jika tidak memiliki mesin pencetak kertas, cukup unduh srtifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. [**]