Satgas Covid-19 Kota Gunungsitoli Laksanakan Rakor

Sabtu, 12 Juni 2021 - 12:21:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Satgas penanganan Covid-19 Kota Gunungsitoli Sumatra Utara melaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega di ruang rapat lantai I Kantor Walikota Gunungsitoli pada hari kamis 10/6/2021 dalam realise Diskominfo kota Gunungsitoli, Jumat (11/6/2021).

“Dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Gunungsitoli, kita akan melakukan penguatan sinergitas kelembagaan mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga desa. Untuk itu setiap bidang yang ada dalam satgas segera melakukan rapat guna meningkatkan kinerja tugas masing-masing,”ucap Sekda saat menyampaikan kesimpulan hasil rapat.

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 di tinggat Kecamatan dan Desa juga akan diefektifkan dengan dukungan kelembagaan lintas sektor. Terutama untuk Satgas Penanganan Covid-19 di Desa agar rutin melakukan sosialisasi pencegahan dan membantu proses penelusuran (tracing) pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19. 

“Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat desa agar melakukan pengetatan protokoler kesehatan terutama kegiatan-kegiatan di desa yang menghadirkan banyak orang, kuncinya kalau desa aman, kita aman”, ucapnya.

Kemudian untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Thomsen Nias penanganannya dilakukan sesuai dengan protap yang sudah ada dan untuk pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal dirumah akan segera ditindaklanjuti penanganannya oleh Satgas penanganan Covid-19 sesuai dengan bidang masing-masing. 

“Kita juga akan melakukan pengetatan pintu-pintu masuk menuju Kota Gunungsitoli, juga penyemprotan disinfektan akan terus dilakukan ditempat-tempat strategis dengan melibatkan Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, Polres Nias dan Kodim 0213/Nias”, ucapnya. 

Untuk pelaksanaan vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser Juliadi Napitupulu, S.Si, Apt, MPH menyampaikan bahwa saat ini ada 14 tim utama dan 4 tim cadangan dari Dinas Kesehatan dan 1 tim dari Polres Nias yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi.

Untuk diketahui, sampai dengan saat ini jumlah kumulatif terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Gunungsitoli adalah 808 orang, yang sudah dinyatakan sehat sebanyak 709 orang. Sementara jumlah yang meninggal dunia sebanyak 21 orang, dan pasien positif Covid-19 yang masih dalam perawatan/isolasi sebanyak 78 orang.

Rakor tersebut dihadiri, Asisten I, Kasdim 0213/Nias, Mewakili Polres Nias dan Sejumlah Kepala OPD yang terlibat sebagai Satgas Penanganan Covid-19 Kota Gunungsitoli. [epianus]