Air Hangat Bisa Membuka dan Bersihkan Pori-Pori?

Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:49:00 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Menjaga kebersihan pori-pori kulit adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Karena pori-pori yang tersumbat kotoran akan menghasilkan komedo dan bahkan jerawat. Kemudian ada anggapan yang mengatakan jika pori-pori kulit bisa dibuka dan dibersihkan dengan membasuh wajah menggunakan air hangat. Benarkah?

Dermatologist dr. Kardiana P Dewi, Sp. KK membernarkan fakta itu, tapi dikatakannya bahwa itu hanyalah efek sementara.

"Sebenarnya bukan literally membuka seperti itu. Tapi kalaupun saat itu nampak seperti membuka atau menutup, percayalah itu hanya efek sesaat," ujar dr. Kardiana dalam peluncuran Shee Mask Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Sementara itu, alasan es batu atau air dingin bisa menutup kulit, menurut dr. Kadiana, itu adalah efek berkerutnya pori-pori yang terkena air dingin, sehingga kulit cenderung menebal.

"Kalau kulit dipegang akan kaya tebal sebentar, iya pori-pori akan mengecil, tapi tentu terapi efek jangka panjang tidak ada," tegasnya.

Sedangkan untuk air panas atau air hangat bisa membuka pori-pori itu juga dibenarkan oleh dr. Kardiana, tapi lagi-lagi itu hanyalah efek beberapa menit sesaat, setelahnya ukuran pori-pori akan kembali normal.

Memang banyak yang memanfaatkan terapi air hangat dan air dingin untuk mempermudah membersihkan kulit. Misalnya saat membersihkan kulit diawali air hangat, lalu penutupnya menggunakan air dingin.

"Jadi ada benarnya, tapi mengenai manfaat itu mitos, jadi kalau dikasih es mengecil kalau dikasih air hangat buka. Benar, tapi tidak selamanya permanen," tutupnya. [***]