Kepala Daerah se Kepulauan Nias Bahas Penanggulangan Covid-19 

Sabtu, 19 September 2020 - 04:16:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kepala daerah se- Kepulauan Nias menggelar rapat bersama dalam rangka pembahasan penanggulangan Covid-19. Rapat tersebut  dilaksanakan di Lt. II Kantor Walikota Gunungsitoli Sumatera Utara Jumat (18/9/2020).

Hadir pada rapat tersebut Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Bupati  Nias Barat Faduhusi Daeli, Bupati Nias Utara Ingat Nazara, Danrem 023 Sibolga, Dandim 0213/Nias, Kejari kota Gunungsitoli, Kepala BPBD kota Gunungsitoli Kadis Kesehatan kota Gunungsitoli dan seluruh SKPD, OPD dan insan Pers yang berkenan hadir.

Ir. Lakhomizaro Zebua menyampaikan Forkada Se? kepulauan Nias bertujuan menindak lanjuti kesepatakan bersama pemerintah Provinsi sumatera utara, untuk  mempercepat penanganan Covid-19 yang saat ini sudah 6 orang meninggal.

"Pemerintah Provinsi  Sumatra utara sudah  menandatangani kesepatakan bersama kepala daerah se-Kepulauan Nias untuk optimalisasi penanganan  Covid-19 di Kepulauan Nias. Kesepakatan bersama tersebut ditandatangani oleh Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi.

Kesepakatan tersebut antara lain dilakukan penyekatan aktif untuk orang yang datang ke Nias maupun di dalam Nias, hingga membentuk satuan tugas khusus penanganan Covid-19 di Kepulauan Nias.

Danrem 023/Kawal Samudera (KS) Febriel Buyung Sikumbang, menjelaskan sebagai Satgas khusus melakukan kegiatan penertiban kesehatan, menyiapkan pengaturan perawatan terhadap orang terpapar. “Artinya ada pemisahan mana orang yang sehat, mana orang yang terpapar,” ujar 

Bupati Nias Utara juga menyampaikan “kita melakukan penyekatan aktif di Nias. Ini tidak boleh kita tunda lagi. Yang pertama kita sekat adalah Bandara dari Jakarta ke Nias, dari Medan ke Nias, disekat bukan berarti disetop,” tetapi kita lakukan pemeriksaan yang benar.

Sementara Bupati Nias Sökhiarulö Laoli juga sepakat dengan pemeriksaan penumpang pesawat maupun penumpang dari kapal.

Bupati Nias Selatan dan Bupati Nias Barat, juga setuju di berlakukan pemeriksaan ekstra ketat setiap penumpang dan menunjukkan surat keterangan sehat.  [epianus]