Kejahatan di Tangerang Turun Drastis

Jumat, 27 Maret 2020 - 17:59:39 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Angka kejahatan di wilayah hukum Porlesta Tangerang Polda Banten dua minggu belakangan menurun drastis. Setelah dilakukan pemantauan, hal ini terjadi sejak mewabahnya virus corona Covid–19.

"Penurunan angka kejahatan mencapai 50 persen. Terjadi penurunan secara drastis karena peran aktif masyarakat juga yang memegang kendali di lingkungan,” kata Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi, Jumat (27/3/2020).

Untuk wilayah yang memang rawan kejahatan, seperti di Pasar Kemis, Tigaraksa, Cikupa juga mengalami penurunan drastis.

Menurutnya, wilayah yang merupakan zona merah kejahatan yang menjadi daerah urban angka kejahatannya cenderung menurun. "Mungkin penjahatnya takut dengan virus Corona,” ucapnya.

Di hari biasa, pihaknya menerima laporan kejahatan mencapai lima sampai 10 laporan setiap hari. Saat ini paling hanya satu saja. "Salah satu langkah partisipasi masyarakat yang tinggi yang memang sangat berdampak kepada keamanan lingkungan," terang Ade Ary Syam Indradi.

Selain itu, kata Ade, tidak hanya kejahatan kriminal saja, bahkan kejahatan narkoba juga menurun. “Penurunan kejahatan narkoba sesuai dengan peran aktif para anggota,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Tangerang merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam zona merah tingkat kejahatan yang tinggi setelah Bekasi dan Depok. Mengingat, wilayah Tangerang merupakan daerah penyangga ibu kota juga merupakan daerah perbatasan wilayah Bogor, Serang dan Jakarta. [sjah]