Ini Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan 

Jumat, 16 Agustus 2019 - 11:27:58 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Setelah melahirkan, banyak wanita yang tak percaya diri dengan bentuk perutnya. Terlihat lebih besar dari sebelumnya, ini cara mengecilkan perut dengan cepat dan tanpa efek samping.

Paling alami, cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan olahraga. Akan tetapi supaya lebih optimal, bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat dan teh yang tinggi antioksidan.

Beberapa wanita bahkan perutnya sudah kembali rata setelah beberapa minggu melahirkan. Akan tetapi hal ini juga tergantung dari genetik, bentuk tubuh sebelum mengandung serta sering atau tidaknya berolahraga.

Berikut ini cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang tak menimbulkan efek samping dan aman, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Olahraga

Tidak hanya dapat mengencangkan perut, olahraga juga bisa membantu mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori secara optimal. Cara mengecilkan perut dengan olahraga bisa dimulai dengan berjalan keliling rumah, ikut kelas yoga setelah melahirkan, aerobik, hingga berenang.

Jika ingin mulai berolahraga, pastikan waktunya sudah enam minggu setelah melahirkan.

2. Menyusui

Menyusui bisa membantu membakar kalori sebanyak 500 Kkal per hari secara alami. Berat badan ibu yang menyusui biasanya akan lebih cepat turun dibandingkan dengan yang tidak.

Menyusui dapat memicu gerakan kontraksi rahim sehingga secara otomatis membantu juga mengencangkan otot perut. Tetap pilih makanan yang sehat supaya produksi ASI tetap lancar.

3. Menggendong Anak

Menggendong anak jadi kegiatan yang selalu dilakukan para ibu. Menggendong anak bisa membuat hubungan antara anak dan ibu semakin dekat.

Sambil mengendong, kamu juga bisa melakukan squat yakni gerakan berulang dari posisi berdiri ke posisi seperti akan duduk dan berdiri lagi. Menggendong juga bisa dilakukan sambil berjalan-jalan di sekitaran rumah saat pagi hari.

4. Konsumsi Air Putih

Minum delapan gelas air sehari tidak hanya mampu menghilangkan racun dari dalam tubuh, tetapi juga membuat kamu merasa kenyang. Air putih juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut dengan cepat.

Makanan yang mengandung prebiotik bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut.Makanan yang mengandung prebiotik bisa jadi salah satu cara mengecilkan perut. 

5. Konsumsi Prebiotik

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan bisa dengan konsumsi prebiotik. Yoghurt mengandung prebiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

6. Menjaga Asupan Makanan

Setelah melahirkan makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui adalah karbohidrat kompleks, protein, biji-bijian, makanan tinggi vitamin, dan makanan tinggi serat.

Ketika menyusui sebaiknya jangan melakukan diet ekstrim yang tidak sehat. Pastikan makanan yang dikonsumsi selalu bergizi seimbang ya.

7. Perbanyak Buah dan Sayur

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Sayuran hijau juga sangat membantu untuk meningkatkan ASI dan menurunkan berat badan karena rendah kalori. [***]