Ini Cara Menyambungkan Hp Android dengan TV

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:18:02 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Saat ini smartphone identik dengan game, namun jarang yang berpikir bagaimana bermain game dengan smartphone bisa tampil dengan layar yang besar? Berikut tips cara mudah menyambungkan HP Android kamu ke TV tanpa atau menggunakan kabel.

Smartphone dan televisi (TV) sejatinya adalah dua perangkat teknologi yang berbeda. Seiring terus berkembangnya teknologi, konvergensi alias penggabungan antar keduanya tampak semakin jelas terlihat.

Jika dulu kamu cuma bisa pasrah bermain game di layar HP yang seadanya, sekarang ini sangat mungkin untuk kamu bisa mengakalinya dengan menghubungkan HP Android ke TV agar layarnya lebih besar.

Cara untuk menghubungkannya pun cukup mudah, kamu bisa menghubungkan HP Android kamu ke TV tanpa atau memakai kabel.

Penasaran gimana caranya? Berikut ini cara menyambungkan HP Android ke TV dengan mudah.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, bahkan fungsi utama televisi kini sudah bisa dialihfungsikan ke hal lain seperti contohnya menjadi monitor tambahan buat kamu bermain game di HP.

Namun ternyata, nggak semua orang mengetahui tentang hal ini atau bahkan tahu cara yang harus dilakukan untuk menyambungkan HP ke TV. Disini akan kita kasih tahu cara menyambungkan HP ke TV dengan mudah tanpa atau menggunakan kabel.

Pertama terlebih dulu memulai dengan cara menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan bantuan kabel.

Jadi, buat kamu yang lebih suka menyambungkan HP ke TV menggunakan kabel bisa ikuti cara yang Jaka kasih berikut ini, geng.

Sebelumnya lanjut ke langkah-langkahnya, kamu membutuhkan sebuah kabel micro HDMI to HDMI untuk bisa melakukannya.

Setelah memiliki kabel HDMI yang dibutuhkan serta memastikan bahwa kabel tersebut kompatibel dengan smartphone maupun TV kamu, maka kamu bisa mulai mencoba menghubungkan kedua perangkat. Langsung aja ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama-tama, kamu perlu mematikan TV yang akan disambungkan ke HP.

Hubungkan smartphone Android ke TV menggunakan kabel HDMI yang sudah tersedia. Ujung yang kecil (micro HDMI) untuk dipasang ke smartphone, sedangkan ujung yang besar (HDMI) untuk dipasang ke soket TV yang bertuliskan HDMI.

Jika sudah terpasang, nyalakan kembali TV yang sebelumnya sudah kamu matikan. Lanjutkan dengan memindahkan saluran ke opsi HDMI.

Beralih ke smartphone, aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist alias tanda centang pada opsi tersebut.

Tampilan layar TV kamu kini sudah sama dengan apa yang ada di tampilan layar smartphone. Dengan kata lain, kedua perangkat sudah saling terhubung, geng.

Menyambungkan HP Android ke TV Tanpa Kabel

Selain menggunakan bantuan kabel, kamu juga bisa lho menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel alias wireless.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Chromecast. Chromecast sendiri adalah sebuah alat dari Google untuk dapat menikmati koneksi internet dan melakukan streaming. Alat yang satu ini wajib dimiliki jika kamu mempunyai sebuah smart TV.

Jika sudah menghubungkan Chromecast ke smart TV yang kamu punya, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut:

Install aplikasi Google Home di smartphone Android kamu. Salah satu fitur dalam aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengontrol Chromecast. 

Beralih ke TV kamu, pindahkan saluran ke HDMI dengan remote yang kamu miliki.

Kamu akan diminta melakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan kode yang muncul di layar TV. Masukkan kode tersebut dan seketika, smartphone dan TV kamu akan terhubung.

Dengan penyambungan dua perangkat ini menjadikan aktivitas yang kamu lakukan di HP lebih nyaman karena bisa kamu lakukan di layar TV yang tergolong lebih lebar, apalagi jika TV kamu sudah memiliki kualitas layar HD, ultra HD atau lebih tinggi.

Aktivitas seperti gaming atau nonton film bareng teman dan kerabat tentu akan lebih menyenangkan jika dilakukan di layar TV.

Demikian cara menyambungkan HP Android ke TV dengan menggunakan atau tanpa menggunakan kabel. Seterusnya aktivitas gaming, nonton film atau aktivitas seru lainnya jadi makin seru setelah kamu bisa sharing layar antara smartphone dan TV kamu. Selamat mencoba! [***]