Nokia X71 Rilis Smartphone dengan Kamera Zeiss 48MP 

Rabu, 03 April 2019 - 21:48:46 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Nokia akhirnya secara resmi telah merilis smartphone pertama mereka yang menggunakan punch hole atau lubang di layar untuk menempatkan kamera depan. Selain itu, smartphone terbaru Nokia ini juga menjadi smartphone pertama Nokia yang memiliki tiga kamera belakang.

Nokia X71, begitu nama smartphone ini. Di pasaran akan bertarung dengan beberapa smartphone lain seperti Honor View 20 hingga Samsung A8s yang sama-sama memiliki punch hole dan tiga kamera belakang.

Secara spesifikasi, bisa dibilang Nokia X71 ini tidak terlalu istimewa terutama dalam hal chipset karena masih menggunakan Snapdragon 660. Sementara rata-rata smartphone mid-range sudah menggunakan Snapdragon 675 hingga Snapdragon 710. Tetapi, sebuah smartphone bukan melulu soal chipset, karena spesifikasi lain dari Nokia X71 ini bisa dibilang menarik.

Secara spesifikasi, bisa dibilang Nokia X71 ini tidak terlalu istimewa terutama dalam hal chipset karena masih menggunakan Snapdragon 660, sementara rata-rata smartphone mid-range sudah menggunakan Snapdragon 675 hingga Snapdragon 710. Tetapi sebuah smartphone bukan melulu soal chipset, karena spesifikasi lain dari Nokia X71 ini bisa dibilang menarik. Sebut saja layar PureView sebesar 6,39 inchi yang beresolusi FullHD+. Dengan rasio layar sebesar 93% tentu layarnya terasa sangat lega.

Untuk jeroannya, seperti yang sudah tertulis di atas menggunakan Snapdragon 660 yang dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal sebesar 128GB yang masih ditambah dengan slot microSD. Dan yang menarik, Nokia X71 masih menjadi smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 9 Pie standar Google alias Android One sehingga tentu pengoperasiannya menjadi semakin lancar dan nyaman. Untuk mendukung kinerjanya, Nokia X71 memiliki baterai sebesar 3,500mAh, yang tentu saja sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat 18W. 

Tetapi dari itu semua, yang paling menarik tentu saja adalah kameranya. Di bagian depan Nokia X71 memiliki punch hole untuk kamera depan sebesar 16MP. Sementara di bagian belakang terdapat tiga kamera Zeiss, yang masing-masing sebesar 48MP untuk kamera utamanya, 5MP untuk kamera depth field, dan yang ketiga kamera ultra wide angle sebesar 8GB. Ketiga kamera ini dilengkapi dengan LED Flash, teknologi AI untuk pengenalan scene berbeda, dan teknologi untuk memotret di kondisi low light. Selain tiga kamera di punggungnya, terdapat juga sensor sidik jari yang berbentuk bulat.

Sementara untuk ketersediaan, saat ini baru akan tersedia di Taiwan pada 10 April mendatang dan belum ada informasi apakah Nokia akan membawa smartphone ini ke pasar global termasuk Indonesia. Harganya sendiri saat ini sekitar $388 atau sekitar Rp 5.5 jutaan. [***]