Kementan Akan Sulap Rawan 10 Juta Hektar Jadi Sawah

Rabu, 21 November 2018 - 12:00:19 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) berencana membuat lahan rawa menjadi sawah. Langkah ini dilakukan untuk mendorong produksi padi dalam negeri agar bisa menjadi lumbung pangan dunia.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Syukur Iwantoro dalam pembukaan Rapat Konsolidasi Persiapan Implementasi #Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Syukur mengungkapkan pengelolaan lahan rawa akan menggunakan beberapa terobosan baru. Dengan begitu lahan rawa di Indonesia bisa terus meningkat.

 "Mau berbicara terkait terobosan baru yang akan kita kerjakan bersama-sama, bagaimana membangkitkan, meningkatkan 15 juta lahan rawa menjadi lumbung pangan Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Gatot Irianto mencatat total lahan rawa di Indonesia saat ini berjumlah 33,40 juta hektar. Angka tersebut terdiri dari lahan pasang surut,dan rawa lebak.

Adapun dari total lahan tersebut potensi lahan rawa untuk pertanian ada sebanyak 10,90 juta hektar.

"Total lahan rawa da 33,40 juta hektar. Lahan pasang surut itu 23,05 juta hektar dan rawa lebak 10,35 juta hektar. Dari situ, potensi rawa untuk pertanian 10,90 juta hektar," tutup dia. [dtk]