Prediksi Thailand Vs Timnas Indonesia U-19

Senin, 09 Juli 2018 - 11:41:02 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas Thailand U-19 pada laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018. Duel ini akan tersaji di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7/2018) malam WIB.

Laga ini sebenarnya sudah tidak memiliki banyak makna buat Timnas Indonesia U-19. Sebab, skuat asuhan Indra Sjafri itu sudah memastikan tempat di semifinal setelah mengantongi 12 poin dari empat laga.

Namun, laga ini bisa menjadi penentu juara grup mengingat Thailand punya 10 poin. Tim yang keluar sebagai pemenangan bakal lolos ke semifinal dengan status sebagai juara Grup A.

Meski sudah lolos semifinal, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menilai pihaknya tetap berusaha menang di laga ini. Pencapaian juara grup akan penting untuk menentukan lawan berikutnya di semifinal.

"Tidak ada cerita mengalah atau punya pemain lapis kedua. Kami memang selalu melakukan rotasi di setiap pertandingan, contohnya Nurhidayat yang selalu tampil penuh di empat pertandingan akan absen di laga lawan Thailand," kata Indra dilansir liputan6.

Selain Nurhidayat, kiper Muhammad Riyandi juga punya kemungkinan besar bakal diistirahatkan mengingat selalu tampil dalam empat laga. Rotasi yang dilakukan Indra harus dimanfaatkan pemain lain untuk unjuk kemampuan.

"Tapi, ada beberapa pemain yang cedera seperti Saddil (Ramdani), dia akan diistirahatkan sampai tanggal 12 Juli karena juga harus menjalani terapi. Meski demikian, kami tetap menarget menang melawan Thailand," imbuh Indra.

Pelatih Timnas Thailand U-19, Itshara Sritharo, mengatakan, duel Thailand vs Indonesia akan menjadi adu taktik kedua tim. Selain itu, ia juga mengaku belajar dari kekalahan Vietnam dari Indonesia.

Itulah mengapa, ia mewajibkan anak asuhnya untuk menikmati pertandingan dan tidak tegang saat menjalani duel melawan Nurhidayat Haji Haris dkk.

Dengan menikmati laga, Itshara berharap tekanan yang dirasakan anak buahnya tidak terasa berat. Sebab, menurutnya, ketegangan akan menimbulkan kepanikan. Imbasnya, sulit bagi anak buahnya mengembangkan permainan.

Itshara menyebut timnya sudah sangat siap menghadapi pertandingan kontra Timnas Indonesia U-19. Tak hanya kondisi pemainnya yang cukup bugar, Itshara mengaku sudah mengetahui kekuatan Indonesia setelah menyaksikan beberapa laga yang dijalani tim tuan rumah.

"Laga nanti akan berlangsung seru. Saya yakin, meski Indonesia sudah lolos, pertandingan ini tetap berjalan ketat karena mereka main di depan publik sendiri," ujar Itshara.

Itshara mengakui Timnas Indonesia U-19 merupakan lawan tangguh bagi timnya. Ia juga menyadari, butuh konsentrasi penuh serta tampil stabil selama 90 menit untuk menghadapi Indonesia. Sebab, satu saja kelengahan dibuat anak buahnya di laga ini, bisa berakibat fatal.

"Kami harus bermain sabar, menunggu momentum yang tepat untuk menyerang. Kami akan bekerja keras untuk meraih hasil positif di pertandingan ini," sebut Itshara.

Thailand mengisyaratkan bakal menerapkan taktik berbeda saat bersua Timnas Indonesia U-19. Hal semacam itu yang diterapkan sang nakhoda tim Thailand di setiap pertandingan yang dijalani tim Negeri Gajah Putih ini. "Kami akan mengadaptasi permainan Indonesia," ucap Itshara.

Timnas Thailand U-19 (4-3-3): Nopphon Lakhonphon (kiper); Nakin Wisetchat, Kittipong Sansanit, Teerapat Laohabut, Anusak Jaiphet (belakang); Nattawut Chootiwat, Kritsana Daokrajai, Panyawat Nisangram (tengah); Sittichok Paso, Matee Sarakum, Pithak Phaphirom (depan)

Pelatih: Itshara Sritharo

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Aqil Savik (kiper); Rifad Marasabessy, Kadek Raditya, Julyano Pratama, David Rumakiek (belakang); Resky Fandy, M. Rafi, Aji Kusuma (tengah); Samuel Simanjuntak, Hanis Saghara, Feby Eka (depan).[*]