Usaha Ternak Ayam Boiler Buka Lapangan Kerja   

Jumat, 06 Juli 2018 - 21:05:15 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Usaha peternakan ayam broiler mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan karena tingginya permintaan daging dan merupakan usaha yang sangat signifikan. Tetapi banyak peternak  masih mengabaikan masalah lingkungan, sehingga  masyarakat banyak yang mengeluhkan keberadaan usaha peternakan tersebut. Selain menimbulkan dampak pencemaran lingkungan. 

Untuk mengatasi dampak usaha peternakan tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian zeolit pada pakan, penambahan  kapur pada kotoran dan penggunaan mikroba probiotik starbio pada pada pakan sehingga kadar amonia menurun sehingga dapat mengurangi bau yang tidak enak, untuk mengurangi keberadaan  lalat bisa dengan dengan menjaga kebersihan kandang, dan bisa diberantas dengan cara biologis, kimiawi,elektrik dan tehnik.

Subagio (45) warga Seberida salah satu pekerja ternak kepada metroterkini.com dikediamnnya Jum’at (06/07/2018) menyampaikan, untuk mencegah terjangkitnya virus flu burung bisa dilakukan dengan mengurangi kontaminasi dengan unggas, alat dan bahan yang dicurigai tercemar virus, cuci tangan dengan sabun dan sikat, memakai masker, menggunakan pelindung wajah, pakaian pelindung, sarung tangan, dan sepatu boot.

Usaha peternakan ayam broiler mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan karena tingginya permintaan masyarakat akan daging. Uasaha peternakan ayam ini juga memberikan keuntungan yang tinggi dan bisa menjadi sumber pendapatan bagi peternak ayam broiler tersebut. Akan tetapi, peternak dalam menjalankan usahanya wajib mengukiti aturan sebagiman yang telah

Akhir-akhir ini usaha peternakan ayam dituding sebagai usaha yang ikut mencemari lingkungan  banyaknya peternakan ayam yang berada di lingkungan masyarakat dirasakan mulai mengganggu oleh warga terutama peternakan ayam yang lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk. Masyarakat banyak mengeluhkan dampak buruk dari kegiatan usaha peternakan ayam karena masih banyak peternak yang mengabaikan penanganan limbah dari usahanya. 

Sedangkan limbah peternakan yang berupa feses, dan sisa pakan serta air dari pembersihan ternak dan kandang menimbulkan pencemaran lingkungan masyarakat di sekitar lokasi peternakan tersebut.  Tetapi usaha ternak ayam tempat dia bekerja tidak menimbulkan dampak pencemran lingkungan. Untuk itu diperlukan upaya yang tepat untuk dapat mengatasi dampak pencemaran lingkungan dari usaha peternakan ayam broiler sehingga keberadaannya tidak mengganggu masyarakat. 

Lebih lanjut Subagio, ini adalah untuk menelaah dampak yang ditimbulkan dari usaha peternakan ayam boiler bisa diatasi.

Permasalahan bau juga dapat diatasi dengan memanfaatkan limbah ternak berupa kotoran ayam yang dapat diolah menjadi biogas dan pupuk. Pupuk kandang sangat bermanfaat bagi para petani karena memiki keunggulan: menambah zat atau unsur hara dalam tanah, mempertinggi kandungan humus di dalam tanah, mampu memperbaiki struktur tanah, dan mendorong atau memacu aktivitas kehidupan jasad renik dalam tanah. 

Timbulnya Lalat yang banyak beber dia, Subagio menambahkan, lalat timbul karena kurangnya kebersihan kandang ayam. Lalat ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti penyakit dari ayam yang sakit ke ayam yang sehat, mengganggu pekerja kandang. "Nah setelah kita lakukan tatanan cara menernak ayam muda mudahan hingga kini masyarakat tinggal di pemukiman yang dekat tidak resah mereka sangat mendukung membuka lapangan lowongan kerja". [hape]