Enam Cara Ini Bisa Hacker WhatsApp Kamu!

Senin, 12 Februari 2018 - 21:19:24 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan. Selain mudah dan praktis, beragam fitur seru di WhatsApp tentu bikin kita tertarik memilih aplikasi chatting yang satu ini ketimbang aplikasi chatting lainnya. Sayangnya, aplikasi yang satu ini rawan hack lho!

Tentu kamu gak mau semua privasi yang ada di WhatsApp, entah itu pesan atau file yang kamu share ke teman diketahui orang lain dan disebarluaskan ke publik, kan? Untuk itu, Jaka akan kasih tau kamu enam cara yang dilakukan hacker untuk memantau isi WhatsApp kamu.

1. Gunakan OTP SMS

Dalam proses verifikasi akun WhatsApp, kamu menggunakan yang namanya OTP SMS. Nah, hacker cukup mengakses OTP SMS tersebut dengan aplikasi spyware. Setelah sukses, untuk selanjutnya hacker tersebut bisa dengan bebas mengakses aktivitas di WhatsApp kamu.

Untuk aman dari ancaman yang satu ini, Jaka pernah kasih kamu tips cara menggunakan WhatsApp tanpa nomor HP, kan?

2. Aplikasi Mata-mata

Cara hacker pantau WhatsApp selanjutnya adalah dengan aplikasi mata-mata. Hacker kadang juga butuh bantuan, salah satunya dari berbagai aplikasi mata-mata atau aplikasi hacking yang tersedia. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau WhatsApp orang lain adalah WhatsDog. Gak cuma memantau, aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk memodifikasi pesanmu lho.

3. Ekstrak Pesan WhatsApp

WhatsApp menyediakan opsi untuk kamu mem-backup semua pesan atau chat yang ada. Dan dengan mudahnya, hacker bisa membuat backup chat WhatsApp kamu dengan menggunakan akun emailnya sendiri! Otomatis, hacker tersebut bisa mengakses dan membaca semua pesan yang lalu-lalang di WhatsApp kamu.

4. WhatsApp dari Web

Sesuai namanya, WhatsApp Web menyediakan fasilitas yang memudahkan kita (termasuk hacker) untuk mengakses WhatsApp dari PC/laptop. Yang dibutuhkan hanyalah memindai QR Code dari smartphone agar selanjutnya bisa mengakses akun WhatsApp tersebut di PC/laptop.

Hacker tentunya bisa dengan mudah melakukan pemindai tersebut dan sekali mereka mendapat akses, mereka bisa membaca, mengirim, hingga memodifikasi pesan yang ada di WhatsApp kamu.

5. Kendalikan Smartphone dari PC/Laptop

Banyak juga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan smartphone dari PC/laptop atau sebaliknya. Teknik yang sering disebut mirroring ini cukup banyak digunakan orang yang gak mau ribet karena bisa mengendalikan beberapa perangkat di satu perangkat.

Tapi, celah ini ternyata bisa dimanfaatkan hacker. Ketika sukses mendapat akses smartphone kamu ke dalam PC/laptop mereka, maka dengan mudah WhatsApp kamu dikendalikan oleh mereka.

Biasanya, para hacker menggunakan bantuan tools macam Teamviewer Quick untuk mengakses keseluruhan layar smartphone.

6. Gunakan Teknik SS7

Cara hacker pantau WhatsApp yang terakhir adalah menggunakan teknis SS7. Teknik yang satu ini populer sejak banyaknya aplikasi yang menggunakan two-step verification. Dengan teknik ini, verifikasi macam itu jadi sangat mudah ditembus.

Setelah sebelumnya diyakini mampu menyadap SMS dan telepon, kini teknik SS7 dikabarkan juga digunakan hacker untuk menyadap akun WhatsApp orang lain.

Kamu bisa mempelajari lebih detil mengenai teknik hacking SS7 dalam artikel yang ada pada link ini.

Demikian enam cara yang dilakukan hacker untuk memantau WhatsApp kamu. Setelah tahu enam hal di atas, harap kamu lebih waspada dan berhati-hati lagi ya. Jangan sampai privasi kamu jadi konsumsi orang lain. [***]