Adat Melayu Iringi Pendaftaran Syamsuar-Edy Natar ke KPU

Senin, 08 Januari 2018 - 18:14:28 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pasangan bakal calon (Balon) Gubernur Riau yang diusung Partai Amanah Nasiolan, Nasdem dan PKS, Syamsuar-Edy Afrizal Natar Nasution, Senin (8/1) pagi tadi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau.

Syamsuar yang akrab disapa Syam dan Edy Afrizal Natar Nasution yang disapa Edy Natar, datang ke KPU mengenakan Tanjak, dengan pakaian putih-putih dipadu dengan sarung songket, datang ke KPU diiringi ratusan pendukungnya.

Di KPU, Syamsuar (Bupati Siak Sri Indrapura) dan Edy Natar (Danrem 031/Wirabima) itu, disambut dengan prosesi adat Melayu.

Ketua KPU Riau, Dr. H. Nur Hamin, S.Pt, MH dan komisioner lainnya serta Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan.

Syam dan Edy Natar kemudian naik ke lantai II untuk mendaftarkan diri sebagai Balon Gubri pada Pilkda serentak pada Juni 2018 depan.

Bagaikan pasangan pengantin, Syamsuar dan Edy Natar didampingi istri masing-masing kemudian duduk dipelaminan bernuansa melayu.

Berselang seperempat jam kemudian keduanya turun dari tempat duduk menuju meja kecil di tengah ruangan tempat menyerahkan dokumen persyaratan Balon Gubri dan Wagubri kepada Ketua KPU Riau.

Setelah berkas persyaratan diterimah oleh Ketua KPU, prosesi pendaftaran kemudian selesai.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Rusidi Rusdan usai Syam-Edy Natar mendaftar, kepada wartawan mengatakan, dari kacamatan Bawaslu, sejauh ini syarat pendaftaran pasangan Syamsuar-Edy Natar tidak ada kendala.

"Kalau persyatan dari segi partai poltik sudah terpenuhi. Sementara, jika ada syarat administarasi lain-lainnya yang belum lengkap bisa menyusul," kata Rusidi Rusdan. [rudi]