Manfaat Mengkudu Bagi Kulit, Untuk Anti Penuaan Dini

Ahad, 10 Desember 2017 - 19:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Manfaat buah mengkudu yang memiliki bentuk unik dengan bau menyengat saat matang dan juga terasa pahit serta kesat saat dikonsumsi ini ternyata memiliki khasiat herbal tersembunyi yang sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam mengkudu mengandung protein, vitamin dan juga mineral penting seperti selenium yang merupakan sumber antioksidan, senyawa antra quinines, proxeronine, phenylalanine, magnesium dan lain sebagainya. Selain itu, terkandung juga zat anti bakteri, zat anti kanker, zat aetil, zat moridon untuk membunuh kuman dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu, dengan begitu banyak kandungan dalam buah ini, apa saja manfaat mengkudu untuk kulit selengkapnya? Berikut dilansir manfaat.

Anti Penuaan Dini
Vitamin C yang merupakan jenis antioksidan alami dalam manfaat air buah mengkudu sangat baik untuk menutrisi sel tubuh, jaringan tisu dan juga organ, melawan radikal bebas berbahaya dan juga mencegah proses penuaan dini yang terjadi karena polusi. Mengkudu yang dibuat menjadi jus ini juga mengandung selenium yang sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit sehingga berbagai tanda penuaan dini bisa di hambat prosesnya.

Mengatasi Radang
Manfaat pace atau mengkudu juga memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan juga anti virus yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan oksidatif dan juga penyebab jerawat. Radikal bebas yang bisa di kontrol akan mempercepat proses penyembuhan jerawat sekaligus mengatasi peradangan serta warna kemerahan yang ditimbulkan dari jerawat.

Anti Peradangan
Kandungan anti inflamasi dan juga manfaat vitamin C untuk kulit yang ada dalam mengkudu ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Mengkudu ampuh untuk mencegah alergi, mengatasi bintik merah dan juga gatal, mencegah reaksi alergi pada kulit dan berbagai masalah dermatologi lain. Selain itu, jus mengkudu juga bisa digunakan sebagai pengobatan topikal untuk beberapa gangguan kulit seperti luka bakar, herpes dan sunburn atau kulit yang terbakar matahari.

Mengatasi Kulit Kusam
Masalah kulit seperti kusam, bersisik dan juga kering bisa diatasi dengan cara mengaplikasikan jus noni atau jus mengkudu. Jus mengkudu ini bisa digunakan sebagai masker kulit yang digunakan selama 15 menit dan dilakukan secara teratur sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus dan lembab.

Melembutkan Kulit
Banyak wanita yang rela menghabiskan begitu banyak biaya hanya untuk mendapatkan tekstur kulit yang lembut seperti bayi dengan cara melakukan treatment di salon atau menggunakan berbagai lotion perawatan kulit. Akan tetapi, untuk mendapatkan kulit yang lembut bisa dilakukan hanya dengan menggunakan jus mengkudu ini sebagai lulur alami. Haluskan beberapa buah mengkudu lalu campur dengan madu dan juga sedikit minyak zaitun dan terapkan pada kulit hingga merata. Bilas sampai bersih dengan air dingin dan sabun lembut dan lakukan cara ini setidaknya 2 kali seminggu untuk hasil maksimal. Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan juga tubuh ini juga akan meningkatkan kelembaban alami kulit sehingga khasiat mengkudu bisa lebih maksimal.

Memutihkan Kulit
Selain manfaat masker kunyit yang sangat baik untuk memutihkan kulit, khasiat lain dari mengkudu untuk kulit adalah memutihkan wajah dan juga tubuh secara alami dan tidak menimbulkan efek samping. Caranya adalah dengan menghaluskan buah mengkudu lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan masker mengkudu tersebut selama 20 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

Selain itu, mengkudu juga bisa digunakan sebagai scrub memutihkan wajah dengan cara menghaluskan buah mengkudu namun tidak sampai benar benar halus dan digosok secara perlahan pada wajah dan tubuh lalu bilas dengan air sampai bersih.

Manfaat mengkudu untuk kulit sangatlah banyak sehingga bisa dijadikan alternatif alami untuk merawat kulit. Gunakan jus mengkudu secara teratur untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat namun jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat kulit iritasi. Selamat mencoba. [*]