Dewan Bicara Kawasan Pengembangan Tanaman Kopi di Siak

Rabu, 15 November 2017 - 22:04:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com – Sebagai daerah Kabupaten/Kota yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), Kabupaten Siak telah diakui secara nasional sebagai salahsatu daerah penghasil minyak terbesar di wilayah Provinsi Riau. Tak hanya itu, Kabupaten Siak juga diakui sebagai daerah penghasil beras, kelapa sawit, dan karet.

Dengan segala potensi yang dimilikinya tersebut, tidak menutup kemungkinan jika pada suatu hari nanti Kabupaten Siak juga bisa menjadi salahsatu daerah penghasil kopi terbesar di Riau, bilamana Pemerintah Daerah (Pemda) sudi membantu dan menyediakan lahan untuk pengembangan tanaman kopi bagi para petani (masyarakat, red) di Siak.

Sebagaimana dikemukakan oleh Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak Sujarwo, dirinya berharap di Kabupaten Siak ada kawasan untuk penanaman/pengembangan kopi.

“Kita harapkan ada kawasan untuk penanaman/pengembangan kopi di Kabupaten Siak, karena dulu tanaman kopi di Siak sangat bagus dan subur,” papar Sujarwo, Rabu (15/11/2017) siang.

Anggota DPRD Siak dari Dapil 1 itu juga menegaskan, pada beberapa waktu yang lalu, sebagian besar masyarakat Kabupaten Siak, khususnya mereka (petani, red) yang tinggal di wilayah Kecamatan Mempura, Siak, Sungai Apit, Pusako, Sabak Auh, dan Sungai Mandau, menggantungkan hidupnya dari hasil perkebunan kopi dan karet.

“Dulu kopi dan karet merupakan penghasilan utama bagi masyarakat Kabupaten Siak, bahkan sebagian besar kebun karet juga ditanami dengan kopi, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya (minum kopi, red), para petani cukup memetik buah kopi dari kebunnya masing-masing,” lanjutnya.

Seiring berjalannya waktu, kebun-kebun karet dan kebun-kebun kopi yang dulu banyak ditemui di Kabupaten Siak, kini sebagian besarnya telah berubah, ada yang dijadikan perkampungan (tempat pemukiman warga, red), ada yang dijadikan sebagai fasilitas umum, bahkan ada juga yang sudah berubah menjadi perkebunan sawit.

Dengan demikian, anggota DPRD Siak itu sangat berharap, ke depan ada kawasan/lahan khusus yang disediakan oleh Pemerintah untuk budidaya/pengembangan kopi bagi para petani di Siak. [man]