Ini Bahaya Jika Sering Menggunakan Makeup

Kamis, 07 September 2017 - 23:17:33 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Untuk para wanita, makeup merupakan salah satu kebutuhan wajib yang perlu diperhatikan. Bisa dikatakan setiap hari kita menggunakan makeup, entah hanya daily makeup ataupun full makeup. Namun, masih banyak wanita yang belum mengetahui bahaya dari mengaplikasikan makeup setiap hari, dilansir dari Dailymail.co.uk, Kamis (7/9/2017)

Bahan kosmetik yang sering digunakan, ternyata dapat memberikan dampak yang berbahaya. Makeup memiliki risiko terkena berbagai penyakit, karena mengandung bahan kimia beracun. Hal fatal yang terjadi adalah dapat meningkatkan risiko kematian dan kanker kulit. Banyak bahan makeup yang telah diuji dan terbukti menyebabkan kanker. Untuk itu Anda harus bijak dalam memilih makeup yang ingin digunakan. 

Warna tar batubara, phenylenediamine, benzene dan bahkan formaldehida adalah beberapa racun yang biasa ditemukan pada sampo, krim kulit dan produk makeup. Bila zat ini terus terpapar pada kulit Anda, dapat menurunkan kekebalan dan menyebabkan kerusakan neurologis dan reproduksi. Bukan hanya itu saja, penuaan dini juga dapat terjadi pada Anda. Pengaplikasian yang tidak benar serta bahan kimia berbahaya dapat membuat kulit cepat keriput. 

Tidak jarang terdapat kandungan alumunium dalam lipstik yang dapat menyebabkan anemia dan intolerasi glukosa. Kandungan lainnya seperti zinc oksida, BHA, barium sulfat juga akan menyebabkan gagal organ tubuh seperti liver dan ginjal, bila penggunaan terlalu banyak. Untuk itu, berhati-hati saat Anda sedang mengonsumsi makanan, jangan sampai lipstik atau pelembap bibir ikut tertelan. 

Ada juga kosmetik yang kadar kimianya ringan. Untuk itu jangan sembarang dalam membeli kosmetik tanpa membaca bahan yang terkandung di dalamnya. Kosmetik murah bukan sebagai jaminan, pilihlah kosmetik yang terpercaya dan ramah lingkungan. [**]