Tingkatkan Prestasi, Dispora Pekanbaru Gencar Lakukan Pembinaan

Senin, 07 Agustus 2017 - 17:56:21 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tingkatkan prestasi kepemudaan didalam berbagai hal, Pemko Pekanbaru melalui Dispora gencar melakukan pembinaan bagi pemuda dan pemudi. Sehingganya, tercipta generasi muda yang punya potensi dalam halnya turut mengisi pembangunan daerah.

Penegasan dipaparkan oleh Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Muhamad Yusuf kepada awak media belum lama ini, ketika ditemui di ruang kerjanya. Dikatakan dia, dalam menggapai semuanya itu, tentunya Dispora Kota Pekanbaru ini punya berbagai program yang dapat meningkatkan kecakapan pemuda.

"Seperti melakukan pembinaan atlet untuk prestasi keolahragaan. Selain itu, mengadakan program pelatihan peningkatan upaya akan kecakapan pemuda didalam wirausaha. Karena itu, Dispora Pekanbaru ada berbagai program yang dikhususkan didalam meningkatkan prestasi," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Yusuf, sesuai dengan namanya (instansi Dispora, red) ini, maka tujuan khusus adalah meningkatkan kualitas pemuda dan pemudi dalam keolahragaan. Maka, pihaknya terus berupaya persiapkan generasi muda yang mumpuni. Dan mampu bersaing sama daerah lain.

"Didalam pemberdayan masyarakat bidang olahraga, maka Dispora Kota Pekanbaru mempunyai fungsi untuk membina serta menyiapkan sumber daya pendukung dalam tercipta atlit-atlit yang profesional. Sehingga bisa bersaing dengan daerah lain, sesuai yang telah diharapkan," kata Yusuf.

Pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan, ujar Yusuf, melalui tahap- tahapan tembinaan dengan metode pelatihan dan mendayagunakan dari organisasi-organisasi di masyarakat sebagai pendukung keberhasilannya progran tersebut, dengan revitalisasi peran serta pihaknya masyarakat.

"Artinya, faktor utama keberhasilan peningkatan olahraga itu mulai dari keluarga, sekolah hingga sampai ke lembaga keolahragaan. Sasarannya itu, sesuai dari tugas pokok Dispora yaitu, melaksanakan halnya urusan keolahragaan dan kepemudaan. Dan diharap bisa tercapai," sebut Yusuf.

Lebih lanjut dipaparkan dia, didalam uraian tugas Dispora ini diantaranya penganggaran, pendataan, pelatihan
dan fasilitator, hingga pemberiannya dukungan. Maka diketahui tugasnya  Dispora memiliki peranan yang luas mengenai pembinaan olahraga dan kepemudaan dalam pembangunan.

Tetapi terangnya, dalam pembinaan serta pengembangan keolahragaan tersebut tidak semata diprioritaskan pada aspek peningkatanya prestasi olahraga saja. Namun, peningkatan kesehatan juga mendapat perhatian dalam sistem keolahragaan. Sebab, ini sudah menjadi tujuanya Pemko.

Yusuf menjelaskan, Dispora gencar melakukan program pembinaan atlit dalam membingkai meraih prestasi olah raga setinggi-tingginya. Semua itu, dimulai sejak usia dini. Tujuanya pembinaan ditingkat sekolah melalu penyelenggaraan agenda Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). 

"Untuk potensi (atlet) seluruhnya itu bermuara di sekolah. Dimana untuk pembinaan yang efektif ini dilakukan dari tingkat awal atau dasar. Saat ini  perlu diingat, sudah adanya Sumber Daya Manusia (SDM) asli binaannya Dispora Pekanbaru, dalam mewakili Indonesia di Internasional," ujarnya.

Misalnya sambung Yusuf, di Cabor lempar lembing. Intinya semua Cabor itu berprestasi. Antara lain, mulai Tenis Meja, Tenis Lapangan, Catur, Sepak Bola hingga Atletik. Lebih lanjut diujarkan Yusuf, dalam hal inipun Dispora Pekanbaru untuk mengedepankan kedisiplinan. [Adv Dispora PKU/Diskominfo PKU]