Ini Penyebab Listrik di Pekanbaru Padam

Ahad, 27 November 2016 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kota Pekanbaru mendadak gelap gulita akibat listrik padam sejak pukul 18.15 WIB, Sabtu (26/11/2016). Ini dialami nyaris semua kecamatan, bahkan masyarakat diresahkan dengan hujan dan potensi banjir selain kondisi gelap.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku padamnya listrik ini diakibatkan jaringannya tersambar petir. "Informasi dari petugas piket, jaringan 150 KV Sumatera Barat menuju Riau terindikasi sambaran petir. Sehingga mengakibatkan PLTA Koto Panjang 2 unit dengan beban 75 MW dan PLTU Tenayan saat memikul beban 100 MW pada pukul 18.06 WIB," ujar Manager SDM PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Dwi Suryo Abdullan.

"Untuk itu, kami mohon maaf kalau malam ini terganggu kenyamanannya karena padamnya listrik yang mengalir ke pelanggan," tambahnya.

Sementara itu, warga mengaku tak percaya dengan alasan perusahaan pelat merah itu. Ini dikarenakan hampir setiap hari melakukan pemadaman listrik secara bergantian dan serentak di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. 

"Pemadaman listrik di Pekanbaru sungguh terlalu, dari sore tadi sampai malam ini tak juga hidup. Setiap sore dan malam begini, alasannya pun berbeda-beda," ujar Adi Syahputra, Warga kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Adi tak yakin dengan alasan PLN lantaran kerap berubah-ubah setiap hari. Sebab, pemadaman dirasakan nyaris seluruh kecamatan di Pekanbaru dan Kampar. Kondisi ini bahkan belum ada solusi.

"Masa petir memadamkan seluruh kawasan, yang betul saja lah. Saat hujan lebat dan petir, daerah Panam tadi tak mati listrik. Ini setelah hujan reda listrik malah mati. Kok bisa ya petir datangnya terlambat. Belum canggih berarti PLN kita ini, petir ke petir aja yang disalahkan," ketus Adi. [mer]