iPhone 7 Tampil Menarik dengan 5 Perubahan

Kamis, 20 Oktober 2016 - 00:00:12 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Setelah penantian yang panjang, akhirnya iPhone 7 telah dirilis. Dalam event yang dihelat di Bill Graham Civic Auditorium di San Fransisco, Apple meneruskan tradisi perilisan dan penamaan smartphone terbarunya, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Smartphone terbaru Apple yang juga akan berjalan di OS terbaru, iOS 10, akan memiliki berbagai aspek baru yang akan diperkenalkan kepada Apple Fanboy di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa perubahan menarik yang melengkapi canggihnya iPhone 7 dikutip techno.

1. Desain tahan air dan daya tahan yang tinggi

Akhirnya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dilengkapi dengan ketahanan terhadap air dan debu. Anda tak perlu khawatir jika ingin menggunakan smartphone Anda di tengah hujan atau ingin selfie di tengah kolam renang.

Apple menyatakan bahwa Anda bisa meletakkan iPhone 7 atau 7 Plus di bawah air selama 30 menit di kedalaman satu meter dengan aman. Sebenarnya, hal ini tak mengherankan. Pasalnya, di banyak video YouTube, tes ketahanan sudah dilakukan ke iPhone 6 serta 6s yang hasilnya ternyata mereka sudah cukup kuat untuk bertahan berjam-jam di dalam air.

Dari segi desain body, sebenarnya tak ada perubahan berarti dari iPhone generasi ke 6. Bahkan iPhone 7 memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone 6s dan 6s Plus, yakni 4,7 inci dengan resolusi 1.334x750 untuk reguler dan 5.5 inci dengan resolusi 1.920x1.080 untuk varian Plus. Meski demikian, iPhone 7 punya kecerahan layar 25 persen lebih besar ketimbang generasi sebelumnya, dan juga warna yang lebih banyak.

Meski demikian, iPhone 7 sangat jelas bisa dibedakan dari generasi iPhone sebelumnya, terutama di bagian 'finishing touch' yang menjadikan permukaannya layaknya cermin, serta terkesan high-gloss. Namun sentuhan akhir tersebut tak seberapa tahan terhadap gores, bahkan Apple sendiri merekomendasikan Anda untuk memakai case.

Selain itu, garis antena di bagian atas dan bawah sisi belakang iPhone sudah tak ada lagi di iPhone 7. Garis antena tersebut kini berada di pinggiran bagian atas dan bawah iPhone.

Tombol 'home' pun juga mengalami perubahan signifikan, di mana kini tombol tersebut dilengkapi fitur terbaru daru pressure-sensitive dan sensor Touch ID. Tombol tersebut tak lagi akan benar-benar 'mengeklik,' namun akan menjalankan sendiri perintah layaknya memencet tombol dengan getaran. Tombol home ini juga akan dilengkapi dengan 'Taptic' feedback, yang menawarkan pengalaman baru dalam hal penggunaan tombol di smartphone.

2. Tak ada lagi jack headphone

Di iPhone 7, Anda tak akan bisa lagi 'menyolokkan' kabel earphone. Karena 3.5mm headphone jack ini telah dihapus oleh Apple. Sebagai gantinya, dua buah speaker stereo dengan 'dynamic range' yang lebih baik ditempatkan di atas dan bawah perangkat iPhone.

Namun Apple menyediakan earphone yang bisa dikoneksikan melalui Lightning port, atau menggunakan Lighting-converter untuk 3.5mm earphone plug yang telah disediakan oleh Apple di box iPhone 7 Anda.

Hilangnya headphone jack ini membuat Anda yang terbiasa mendengarkan lagu sambil mengisi daya, tak bisa lagi melakukan hal tersebut.

Apple juga mengembangkan teknologi wireless audio dengan menghasilkan W1 wireless chip yang diimplementasikan di AirPods. AirPods adalah produk terbaru Apple yang berupa earphone wireless yang punya 5 jam daya tahan baterai. AirPods tak tersedia langsung bersama iPhone, yang berarti Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.

3. Performa lebih mantap

Bersama berbagai perubahan di desain dan fitur, terdapat perubahan juga dari segi dapur pacu iPhone 7.

iPhone 7 dan 7 Plus memiliki performa terbaik dari semua smartphone Apple yang pernah ada. Hal ini dikarenakan iPhone 7 dilengkapi oleh prosesor terbaru Apple, yakni A10 yang merupakan 64-bit quad-core yang diklaim 40 persen lebih cepat dari A9 yang ada di iPhone 6S dan 6S Plus. Sebagai perbandingan, Apple mengatakan bahwa iPhone 7 120 kali lebih cepat ketimbang iPhone generasi pertama.

Adanya empat 'core' pada prosesor A10 ini ada alasannya. Dua 'core' pertama adalah untuk performa tinggi yang dihasilkan, serta sisanya untuk tingginya efisiensi. Apple sendiri telah mendesain sebuah pengontrol performa untuk menilai kegiatan mana yang harus dilakukan oleh setiap inti dari prosesornya. Seperti contohnya jia Anda memeriksa email, hal tersebut akan ditopang oleh 'core' prosesor yang bertugas untuk efisiensi. Sehingga baterai iPhone 7 akan lebih efisien dalam distribusi daya.

Prosesor tersebut juga meningkatkan performa iPhone 7 dalam hal grafis. Dalam hal grafis, A10 lebih baik 50 persen ketimbang A9. Dengan ini bahkan tak perlu kapasitas RAM yang besar, hanya 2GB untuk iPhone 7 dan 3GB untuk iPhone 7 Plus.

Dalam hal baterai, Apple mengklaim bahwa baterai dari iPhone 7 akan tahan 2 jam lebih lama ketimbang iPhone 6S. Serta iPhone 7 Plus akan lebih tahan sejam lebih lama ketimbang iPhone 6S Plus.

4. Dual camera

Sudah terbukti dari generasi sebelumnya, bahwa kamera iPhone adalah salah satu kamera terbaik yang pernah terpasang di smartphone. Namun untuk generasi ke tujuh ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman lebih jika Anda membeli varian 5.5 inci iPhone 7 Plus. Hal ini dikarenakan iPhone 7 Plus dilengkapi dual camera.

Sebelum melangkah ke sana, mari kita lihat apa yang ditawarkan iPhone 7 dari segi kamera. Kamera dari iPhone 7 mengusung 12 megapixel sensor, image stabilization, lensa 28mm wide-angle dengan bukaan f/1.8, serta high-speed sensor yang 60 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya. Selain itu, efisiensi energi juga lebih baik 30 persen.

Selain itu, iPhone 7 akan dicintai para pecinta fotografi karena dapat digunakan untuk mengambil gambar dalam format RAW.

Untuk kamera depan, kini Apple memperbaiki resolusinya dengan memasang 7 megapixel sensor untuk 'selfie shooter' mereka.

Untuk iPhone 7 Plus, terdapat dua buah 12 megapixel kamera sebagai kamera utama. Kamera pertama adalah kamera yang sama dengan iPhone 7. Lalu tepat di sebelahnya terdapat kamera dengan lensa telephoto 56mm dengan bukaan f/2.8, yang dilangkapi fitur 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

Dengan lensa telephoto ini, akan ada sedikit efek 'bokeh' dari kedalaman lensa a ala DSLR. Aspek ini ada dari kedalaman depth of field kamera, serta fitur digital yang bisa membuat efek 'bokeh' jadi lebih mantap.

5. Harga

iPhone 7 dan 7 Plus akan tersedia dalam sistem pre-order pada 9 September mendatang, dan akan secara resmi tersedia di Amerika Serikat pada 16 September. Sementara peluncuran iOS 10 akan dilakukan pada 13 September.

Untuk harga, iPhone 7 akan dibanderol mulai dari harga sekitar Rp 8,5 Juta untuk 32 GB, Rp 9,8 Juta untuk versi 128 GB dan Rp 11 Juta untuk versi 256 GB. Sementara iPhone 7 Plus akan dibanderol mulai dari Rp 10 Juta untuk varian 32 GB, Rp 11 Juta untuk 128 GB, dan Rp 12 Juta untuk versi 256 GB. [**]