Dugaan Penyerobotan Lahan, Sugianto: Harus Berani Lawan RAPP

Senin, 05 September 2016 - 00:00:17 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Anggota DPRD Provinsi Riau, Sugianto angkat bicara pasca dugaan kasus penyerobotan lahan yang diduga dilakukan oleh PT.RAPP di Kecamatan Duyun, Kabupaten Siak.

Sugianto sangat menyesalkan sikap dari pada PT. RAPP yang terkesan semena-mena terhadap masyarakat kecil di Kecamatan Dayun.

"Ini negara hukum, bukan negara kompeni," ujarnya usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Provinsi Riau, Senin (05/09/2016) .

Menurutnya, sepanjang jika kelompok masyarakat tersebut memiliki legalitas dan dapat membuktikannya, maka PT.RAPP tidak bisa bertindak semena-mena terhadap masyarakat.

"Kalau tanah itu punya legalitas, tanah itu milik siapa? Ya dia harus mematuhi hukum, jangan asal seperti itu. Pemerintah juga harus berani melawan RAPP," tegasnya.

"Ya kalau masyarakat sudah membuktikan. Tembus jalur hukum, buktikan secara legalitas dan usir RAPP," teriaknya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Siak agar segera tanggap dan mengambil tindakan tegas atas kejadian ini. Sebab jika persoalan itu dibiarkan, masyarakat kecil tertindas.

"Siapa pun dia, walaupun perusahaan besar ataupun perusahaan kecil dengan adanya seperti ini mereka harus wajib menghentikan jangan menindas masyarakat kecil," imbuhnya.

"Pemerintah daerah ujung tombaknya dan kabupaten tanggap jangan sampai terjadi konflik lagi, sehingga masyarakat tidak tertindas oleh perusahaan seperti RAPP," tutupnya. [son]