BRIsat Kini Dikendalikan dari Ragunan

Ahad, 21 Agustus 2016 - 00:00:19 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang bernama BRIsat berhasil mencapai orbitnya di atas langit Papua beberapa minggu lalu. Dengan demikian pengoperasian BRIsat diserahkan kepada BRI untuk pengembangan layanan digital sejak minggu lalu.

Demikian diungkapkan oleh Direktur Bank BRI Sis Apik Wijayanto saat peresmian BRI Digital Terminal 3 Ultimate Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (15/8/2016).

"Sudah serah terima (Brisat), ini (BRI Digital) menggunakan satelit. Sudah sekitar seminggu yang lalu," kata Sis Apik.

Setelah proses serah terima selesai, bank pelat merah itu langsung mengambil alih pemantauan BRIsat dari command center BRI di Ragunan, Jakarta Selatan. Pemantauan BRIsat di Ragunan dilakukan selama 24 jam setiap harinya. Proses pengawasan juga dibagi dalam 3 bagian atau shift.

"Sudah dioperasikan oleh BRI Ragunan. Banyak (orangnya) ada shift nya, 3 shift per shift itu 8 jam," kata Sis Apik.

Dirinya menambahkan bahwa tugas yang diemban oleh petugas command center di Ragunan relatif berat. Petugas command center bertanggungjawab terhadap layanan digital BRI yang sangat bergantung oleh BRIsat.

"Memastikan jaringan, jaga jaringan kalau ada gangguan dan harus segera follow up," tutur Sis Apik.

Mengingat adanya tanggung jawab yang lumayan besar, petugas command center pun diberikan pelatihan khusus untuk menangani kendala jika sewaktu-waktu ada gangguan yang disebabkan oleh BRIsat. Bank berkode BBRI itu juga menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) untuk mengembangkan layanan perbankan digital bagi nasabah di seluruh Indonesia.

"Diberikan pendidikan. Jaringan kita juga kerja sama dengan Telkom juga," tutup Sis Apik. [detik]