Belum Difungsikan, Bangunan TPS Payung Sekaki Nyaris Runtuh

Kamis, 12 Mei 2016 - 00:00:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Proyek pembangunan tempat pengelolahan sampah (TPS) dengan konsep 3R di Kecamatan Payung Sekaki terlihat rusak parah. Kondisi bangunan saat ini tampak retak-retak.

Bangunan yang disebut-sebut bersumber dari APBN ini juga terlihat tak memiliki plafon. Meski begitu, belum diketahui siapa kontraktor pelaksana pembangunan TPS itu. Pasalnya, disekitar TPS tak tampak papan plang proyek.

Camat Payung Sekaki Zarman Candra menuturkan tidak mengetahui pelaksanaan pembangunan proyek tersebut. Pasalnya, kala itu pembangunan tempat pengelolahan sampah (TPS) pada era eks Camat sebelumnya.

“Itu gak zaman saya. Sejak tahun 2014 saya masuk, barang itu udah ada,” sebutnya.

Ironisnya, hingga kini bangunan itu tak kunjung diserah terimakan (FHO) kepada pemerintah Kota Pekanbaru melalui Pemerintah Kecamatan Payung Sekaki. Sehingga Pemerintah Kecamatan Payung Sekaki tidak dapat memfungsikan bangunan itu.

“Iya saya mau fungsikan, tapi serah terimanya gak ada,” tutur Zarman melalui selulernya.

“Nanti kalau terjadi apa-apa atau roboh, siapa yang tanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, eks Camat Payung Sekaki, H. Edy Rizal, S.Sos ketika dihubungi enggan banyak berkomentar. Bahkan dirinya melemparkan mengenai persolan itu terhadap Satker PU Provinsi Riau.

Menurutnya, pembangunan itu terjadi pada tahun 2013 silam. Dimana pada pembangunan TPS tersebut terjadi di era dirinya menjabat sebagai Camat Payung Sekaki.

“Bagus lah adek telepon orang Kemen PU nya,” katanya.

Disinggung terkait serah terima (FHO), Edy ini menegaskan, tak mengingat hal itu. Bahkan, pria yang kerap disapa Edy ini berkilah terkait serah terima terhadap Camat. Pasalnya, persoalan serah terima tak ada berkaitan dengan Kecamatan.

“Enggak ada hubungan sama kami. Jadi kami gak tahu menau itu,” imbuhnya. [son]