Trump Dinilai Kurang Tahu Kebijakan Luar Negeri

Sabtu, 02 April 2016 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Obama memang kerap kali tak segan menunjukkan ketidaksukaannya terhadap gaya kampanye Trump, termasuk soal komentar Trump tersebut. Seperti reaksi keras pemerintah Jepang dan Korea Selatan soal komentar Donald Trump yang berencana menarik tentara Amerika Serikat dari dua negara ini.

Tanggapan Presiden AS Barack Obama menyatakan, Donald Trump tak tahu banyak kebijakan luar negeri dan hubungan internasional. 

Pernyataan Trump seperti dalam wawancaranya dengan New York Times, Minggu (27/3) lalu, menyatakan dia akan menarik tentara AS dari dua sekutu AS itu dan menggantinya dengan senjata nuklir. 

Obama menyatakan pencalonan Trump dalam bursa calon presiden AS menjadi perbincangan tersendiri oleh para pemimpin dunia yang menghadiri KTT Keamanan Nuklir. Obama juga menyesalkan sejumlah kampanye kandidat capres AS dari Republik yang penuh penghinaan. 

"Bahkan, negara-negara yang memiliki situasi politik yang penuh warna saja ingin adanya ketenangan dan kejelasan soal pemilu AS karena mereka memahami Presiden Amerika Serikat perlu paham betul soal apa yang terjadi di seluruh dunia," kata Obama.

Obama menyebutkan bahwa hubungan AS dengan kedua negara ini memberikan keuntungan perdagangan bagi AS dan mencegah eskalasi nuklir dan konflik. 

"Ini tidak main-main. Ini adalah investasi yang bertumpu pada pengorbanan pejuang pria dan wanita kita pada Perang Dunia II dulu ketika mereka berjuang di seluruh [Asia] Pasifik," kata Obama.

"Kami tidak ingin seseorang [menjabat] di Gedung Putih yang tidak mengakui betapa pentingnya hal ini," tutur Obama. [cnn]