Ini Prediksi Manchester City Vs Everton

Rabu, 27 Januari 2016 - 00:00:09 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Berbekal tiga kata, "kami tidak takut", pasukan Everton siap memberi perlawanan dengan menggempur barisan pertahanan Manchester City. Dan bara konflik berkobar siap memenuhi seluruh sudut stadion sebagai ajang tarung kedua tim yang ingin unjuk kinerja bukan justru unjuk kata-kata belaka.

Kini Everton menantang Manchester City dalam leg kedua semifinal Piala Capital One (Piala Liga) 2015/16 yang digelar di Etihad Stadium, pada Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Kinerja Everton oke juga. Pasukan asuhan pelatih Roberto Martinez ini menang 2-1 atas klub berjuluk The Citizens pada leg pertama laga semifinal Piala Capital One (Piala Liga) di Goodison Park pada 14 Januari lalu.

Hanya saja, lini pertahanan yang rapuh menjadi biang keladi kekalahan Everton 1-2 dari Swansea City di ajang Liga Inggris (Premier League) akhir pekan lalu. Ini menjadi pekerjaan tidak ringan bagi Martinez karena City dihuni oleh sederet pemain depan haus gol, yakni sergio Aguero, David Silva, Kevidn de Bruyne, dan Raheem Sterling.

Manajer asal Spanyol itu di mata sejumlah pandit sepak bola cenderung terlalu sibuk melakukan bongkar pasang skuad. Alhasil, penampilan Everton secara keseluruhan menghadapi masalah kekompakan tim.

Mantan pemain City yang kini membela Everton, Gareth Barry mencetuskan rumus kemenangan Everton sebagai melakoni laga dengan bersemangat dan keinginan besar meraih kemenangan.

"Dunia ideal (dalam kehidupan) layaknya laga yang kami jalani pada Rabu itu, kami bertanding dan beroleh kemenangan," kata Barry kepada Barry kepada Liverpool Echo. "Tidak ada yang lebih baik dalam menjalani pertandingan dengan terus berlari, dengan disemangati kepercayaan diri, meski masih harus melihat situasi lawan secara lebih cermat."

Pernyataan sarat optimisme Barry itu sedikit berkurang kadarnya lantaran Everton tidak diperkuat oleh  Kevin Mirallas dan Muhamed Besic yang masing-masing belum pulih dari cedera lutut dan cederfa hamstring ketika melawan Swansea.

Manchester City masih mengandalkan pemain bintang Argentina Sergio Aguero. Pemain ini mencetak dua gol ketika The Citizens bermain imbang 2-2 melawan West Ham. Penampilannya demikian heroik sehingga pelatih Manuel Pellegrini memuji dia sebagai pemain yang tidak kenal kata menyerah.

Komentar dua manajer:   

* Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Ini kali ketiga kami melawan Everton dalam satu bulan. Kami tahu penampilan mereka. Hal yang paling penting yakni menatap dan memotivasi diri untuk melaju ke babak final di Wembley. Inilah target kami."

"Everton belum pernah melaju sampai final dalam beberapa tahun. Mereka akan termotivasi meski tim kami akan meladeni mereka. Dan saya tidak beranggapan bahwa tim kami hanya dihuni oleh Sergio Aguero. Jika anda menyaksikan penampilan kami dalam 23 laga di ajang Liga Inggris. Nah, dalam 23 pertandingan itu, dimainkan oleh 11 pemain."

"Kami berusaha bertanding merebut gelar di seluruh kompetisi dengan sederet pemain yang kini masih mengalami cedera. Dengan begitu, sangat penting bagi kami tampil 100 persen fit dengan skuad yang ada. Inilah alasan mengapa kami bertanding untuk meraih gelar"  

* Roberto Martinez (Everton):
"Anda menuntut setiap pemain menunjukkan mentalitas bertanding yang tinggi. Tim secara keseluruhan siap bertanding. Setiap pemain punya mentalitas bertanding. kekecewaan karena kekalahan merupakan bagian dari pengalaman ketika berlaga di ajang sepak bola."

"Secara psikologis, anda harus melewati dang mengalami setiap pengalaman agar tetap memiliki ketahanan dalam menghadapi segala situasi. Ini penting dalam perkembangan mentalitas bertanding."
 
Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-2-3-1):
Caballero (penjaga gawang), Clichy, Demichelis, Otamendi, Zabaleta, Toure, Fernandinho, Sterling, Silva, De Bruyne, Aguero
Pemain cadangan:
Hart, Sagna, Tasende, Fernando, Delph, Navas, Iheanacho

* Everton (4-2-3-1):
Howard (penjaga gawang), Coleman, Stones, Jagielka, Baines, Cleverley, Barry, Deulofeu, Barkley, Lennon, Lukaku
Pemain cadangan:
Robles, Oviedo, Funes Mori, Gibson, Osman, Pienaar, Kone

Data dan fakta:

* Manchester City melaju ke leg pertama babak semi-final dengan mengalami defisit. Mereka mengalahkan Middlesbrough 4-0 pada 1976, setelah itu kalah di leg pertama 1-0. City kemudian baru mengangkat trofi.
* Ini kali kedua dalam penampilan semi-final Piala Liga dengan Everton mampu melaju sampai leg kedua. Mereka mengalahkan Aston Villa di leg pertama pada 1984, kemudian mampu melenggang ke final.
* The Citizens tidak pernah kalah di laga kandang selama berhadapan dengan Everton di kompetisi ini (tiga kali menang dan sekali imbang).
* Romelu Lukaku telah mencetak empat gol dalam liga penampilan di ajang Piala Liga di musim ini.
* Di leg pertama, Jesus navas mencetak gol pertama bagi Manchester City sejak September 2014, setelah menanti dalam 66 laga di seluruh kompetisi.
* Everton meraih tiga kali kemenangan beruntun di laga tandang di ajang Piala Liga musim ini.
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Manchester City: D W D W L

23/1/16 West Ham United 2 - 2 Manchester City
16/1/16 Manchester City 4 - 0 Crystal Palace
13/1/16 Manchester City 0 - 0 Everton
9/1/16 Norwich City 0 - 3 Manchester City
6/1/16 Everton 2 - 1 Manchester City

* Everton: L D D W W

24/1/16 Everton 1 - 2 Swansea City
16/1/16 Chelsea 3 - 3 Everton
13/1/16 Manchester City 0 - 0 Everton
9/1/16 Everton 2 - 0 Dagenham & Redbridge
6/1/16 Everton 2 - 1 Manchester City

* Head To Head:
 
13/1/16 Manchester City 0 - 0 Everton
6/1/16 Everton 2 - 1 Manchester City
23/8/15 Everton 0 - 2 Manchester City
10/1/15 Everton 1 - 1 Manchester City
6/12/14 Manchester City 1 - 0 Everton

Prediksi jalannya laga:

* Manchester City 2 - 0 Everton
* Manchester City 0 - 0 Everton
* Manchester City 3 - 0 Everton
   
Prediksi jalannya laga:

* Everton mampu tampil gemilang dengan meraih kemenangan di leg pertama. Ini membuat kepercayaan diri pasukan asuhan Martinez membubung tinggi menghadapi Manchester City.
* Barisan pertahanan Everton perlu berjuang ekstra keras menghadapi barisan depan Manchester City yang rata-rata berkarakter pencetak gol.
* City mampu tampil dengan gaya permainan yang berbeda dari satu laga ke laga lain, utamanya ketika melancarka serangan. Ini yang perlu diwaspadai Everton.
* Kalau saja Everton mampu melaju ke babak final, maka ini bakal menjadi catatan sejarah tersendiri bagi perjalanan klub.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com;
*Manchester City: 3
* Everton: 1

Sumber: AntaraNews