Rokok Elektronik Tidak Boleh Dikonsumsi

Kamis, 21 Januari 2016 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pada 2015, Satuan Gugus Tugas Layanan Pencegahan AS (US Preventive Services Task Force) juga telah menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk merekomendasikan perangkat tertentu, termasuk e-cigarette untuk membantu orang dewasa berhenti dari kebiasaan merokok tembakau.

Selain itu, tidak ada perusahaan rokok elektronik yang telah mengajukan permohonan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (US Food and Drug Administration) untuk menyetujui penyerahan produk rokok elektroniknya jika gagal dibuktikan klaimnya bisa menghentikan kebiasaan merokok tembakau.

"Rokok elektronik seharusnya tidak boleh direkomendasikan sebagai alat bantu untuk berhenti merokok yang efektif sampai ada bukti seperti yang dipromosikan dan digunakan mereka untuk membantu berhenti merokok tembakau," katapemimpin penulis Sara Kalkhoran dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School.

Banyak kota di AS telah melarang penggunaan rokok elektronik di area bebas asap rokok, di mana rokok konvensional (tembakau) juga dilarang.

Dalam analisisnya, tim peneliti UCSF memberikan 38 ulasan mengenai hubungan antara penggunaan rokok elektronik dan upaya penghentian rokok di kalangan perokok dewasa.

Responden studi termasuk para perokok dan yang tidak tertarik untuk berhenti merokok, termasuk orang-orang yang masiih berumur sekitar 15 tahun. Studi ini diulas secara istematis dan dilengkapi data yang diterbitkan secara online oleh The Lancet Respiratory Medicine. [**brs]