Dewan Minta Pemko Tak Lepas Tangan Soal Sampah

Ahad, 27 Desember 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Persoalan sampah di Kota Pekanbaru hingga saat ini tak kunjung teratasi. Bahkan hal tersebut dituding akibat kurangnya perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mensosiliasaikan Perda Tentang sampah disertai sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah di sembarang.

Padahal Perda sampah sudah disahkan oleh DPRD Kota Pekanbaru pada tahun 2014 silam. Kalangan legislatif meminta Pemko dalam hal ini Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru agar tak lepas tangan atas persoalan sampah yang hingga saat ini masih menghiasi beberapa ruas jalan, pemukiman masyarakat serta lahan-lahan kosong yang dipenuhi sampah.

"Mari berkomitmen membuat kota ini bersih. Jangan lepas tangan dan jangan acuh, karena sudah banyak uang rakyat dibelanjakan untuk hal ini. Apa gunanya Perda Sampah yang dibuat dengan anggaran ratusan juta jika hanya jadi pajangan saja. Ini tanggung jawab DKP untuk melaksanakannya," ungkap anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Said Usman Abdullah, Ahad (27/12/15).

Sait juga sangat menyayangkan Perda yang disahkan pada tahun 2014 tersebut, belum diterapkan secara maksimal oleh Pemko dan belum adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, yang masih membuang sampah sembarangan.

"Terlepas adanya pengelolaan sampah oleh pihak ketiga PT MIG, tidak ada alasan untuk tidak bisa diterapkan, 2016 sudah harus jalan itu," tegasnya. [**hrc]