Satelit Deteksi 24 Titik Panas di Sumatera, 10 Titik di Riau

Sabtu, 26 Desember 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Satelit Terra dan Aqua dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (26/12/15), mendeteksi kemunculan titik panas atau hotspot. Tercatat ada 24 titik panas menyebar di Sumatera.

Dari total 24 titik panas ini, hampir separuhnya terdeteksi berada di Riau. Hasil pengamatan pagi ini, ada 10 titik panas di Riau, yang menyebar di enam kabupaten/kota, diantaranya Kepulauan Meranti, Dumai, Siak dan Pelalawan dengan masing-masing satu titik panas.

Kemudian di Kabupaten Rohil sebanyak dua titik panas, dan terakhir di Kabupaten Bengkalis sebanyak empat titik panas. "Untuk titik api, kita deteksi ada satu, dengan confidence (kepercayaan,red) di atas 70 persen, berada di Kabupaten Bengkalis," ujar Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sugarin.

Sedangkan untuk Sumatera, sambungnya, titik panas terdeteksi Bengkulu dan Sumbar masing-masing satu titik panas, Sumut tiga titik panas, Sumsel empat titik panas, Jambi lima titik panas dan sisanya ada di Riau (10 titik panas).

"Secara umum cuaca Provinsi Riau cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata dengan disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi pada siang, sore dan malam hari di wilayah Riau bagian barat, tengah dan selatan," tutup Sugarin Sabtu pagi. [**]