Posisi Tidur yang Bikin Anda Lebih Bahagia

Ahad, 06 Desember 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Ternyata posisi tidur Anda menentukan kesehatan mental yang lebih baik di pagi harinya, sehingga aktivitas Anda seharian lebih nyaman.

Diawali saat sudah berbaring misalnya, mulailah untuk mengecek posisi. Bila Anda merasa ada di sisi sebelah kanan ranjang, segeralah pindah ke sisi sebelah kiri ranjang bila ingin mendapati manfaat kesehatan mental yang lebih banyak.

Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh produsen tempat tidur Sealy UK menunjukkan, mereka yang mendapati dirinya terbangun di sisi kiri ranjang, 4 persen lebih mungkin untuk mendapatkan suasana hati yang baik di pagi hari, 8 persen lebih mungkin menyukai pekerjaan mereka.

Tidak hanya itu, sebanyak 9,5 persen lebih mungkin untuk memiliki pandangan yang positif tentang hidup, dan 8 persen lebih mungkin untuk memiliki banyak teman baik bila dibandingkan dengan mereka terbangun di sisi kanan ranjang.

Sementara responden yang terbangun setelah tidur di sisi kanan ranjang, lebih cenderung merasa kurang puas terhadap pekerjaan mereka, pesimis, dan bangun dalam suasana hati yang buruk.

Kesimpulanya setelah tim peneliti Sealy UK mengevaluasi 1.000 orang di Inggris dan melihat hubungan antara sisi tempat tidur dengan suasana hati, kesuksesan, dan pandangan dunia.

"Jumlah responden memang terbilang sedikit. Tapi, penelitian ini sebenarnya lebih menyoroti sebuah tren yang menarik; benarkah tidur di sisi kiri ranjang akan lebih bermanfaat?” kata Neil Robinson, ahli tidur dari Sealy UK dalam sebuah talkshow.

Neil Robinson menekankan, mendapati waktu tidur yang cukup tetap menjadi cara terbaik untuk merasa bahagia di pagi hari.

Centers for Disease Control and Prevention sendiri merekomendasikan bagi para orang dewasa untuk tidur setidaknya 7-8 jam sehari sesuai dengan kebutuhan tidur untuk mendapatkan manfaat kesehatan fisik maupun mental yang maksimal. [**mrd]