Tips Mudah mengatasi laptop yang panas

Jumat, 13 November 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Semua perangkat gadget bila terlalu lama digunakan akan menimbulkan panas, termasuk sebuah laptop. Ya, kebanyakan laptop akan langsung panas bila dipakai untuk bermain game. Biasanya untuk menyiasati hal itu, pengguna akan menempatkan kipas pendingin (cooling pad) di bawah laptop agar laptop tak cepat panas.

Selain kipas pendingin, sebenarnya ada cara sederhana yang dapat menjadikan laptop Anda tak mudah panas. Cara ini tergolong murah karena Anda tak harus membeli sebuah kipas pendingin. Berikut beberapa cara sederhana mengatasi laptop yang panas, sebagaimana yang dilansir Techno.

Meninggikan dudukan laptop

Laptop cepat panas apabila sirkulasi udaranya tidak berjalan lancar. Oleh karena itu, Anda bisa menempatkan sebuah benda di bawah laptop. Benda tersebut bisa berupa buku atau benda padat lainnya, yang penting tidak menghalangi lubang kipas di bawah laptop. Jika buku masih belum bisa mendinginkan laptop, maka Anda dapat menggunakan wadah telur. Wadah telur ini dipercaya dapat mengurangi panas karena memiliki permukaan yang bergelombang, sehingga sirkulasi udara menjadi lancar.

Memberikan alas yang padat

Untuk mengatasi laptop yang cepat panas, Anda bisa menempatkan laptop pada alas yang padat. Pasalnya, alas yang padat seperti meja kayu dan lantai dapat menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Berbeda dengan alas yang lembut seperti sofa, tempat tidur, dan karpet yang justru dapat membuat udara menjadi terperangkap dan akhirnya laptop Anda akan lebih cepat panas.

Bagi Anda yang memiliki AC, Anda dapat memanfaatkannya untuk mendinginkan laptop. Udara di ruangan ber-AC dapat mencegah laptop terkena overheating. Namun, Anda tetap harus menempatkan laptop di alas yang padat bukan di permukaan yang lembut.

Menghindari overclocking

Memang, melakukan overclocking pada laptop akan menjadikan laptop lebih cepat. Namun, karena kecepatan tersebut, laptop menjadi mudah panas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan fitur overclocking bila Anda tidak ingin laptop Anda cepat panas.

Menurunkan tingkat kecerahan laptop dan kinerja prosesor

Agar laptop tak mudah panas, Anda bisa menurunkan kecerahan cahaya laptop. Selain itu, Anda juga dapat menurunkan kinerja prosesor menjadi 70-90 persen (khusus Windows). Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Anda cukup memilih menu baterai, kemudian power option. Setelah itu, tekan Advanced power setting > prosesor power management > maximum > prosesor states. Nah, di menu tersebut Anda bisa menurunkan kinerja prosesor menjadi 70-90 persen (disarankan 80 persen).