Ini Oleh-oleh dari Lampung yang Lagi Ngetren Terfavorit

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 00:00:11 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Lampung sudah identik dengan buah tangan khas berupa keripik pisang. Tapi jika Anda berpikir hanya keripik pisang buah tangan yang bisa didapat di Lampung, Anda salah besar.

Pasalnya selain keripik pisang, ada satu lagi olahan kuliner berbahan dasar pisang yang kini menjadi buah tangan favorit. Penganan tersebut adalah pie susu pisang.

Memang pie bukanlah kuliner asli nusantara, namun di tangan ahlinya, penganan ini disulap dengan memunculkan kekhasan Lampung, yaitu pisang. Terbukti, sejak kemunculannya pie susu pisang langsung mendapat tempat di hati masyarakat Lampung dan wisatawan.
Adalah Yusi Asifaurini Akmal, pemilik Toko Roti dan Kue Yusi Akmal, yang memiliki ide kreatif menjadikan pie susu pisang sebagai buah tangan khas Lampung. Ia menuturkan, berlimpahnya pisang di Sai Bum Ruwa Jurai adalah salah satu alasan mengapa ia mencipta kuliner khas tersebut.

Lagipula ia menilai, sudah saatnya Lampung memiliki alternatif buah tangan khas di luar penganan yang telah ada.

"Lampung itu kan banyak pisang, aku pikir menarik untuk membuat satu oleh-oleh khas dari pisang yang bisa jadi ikon Lampung. Dan aku eksperimen sendiri langsung di dapur," tutur dia.

Pie susu
Kini, perempuan yang memiliki Toko Roti dan Kue Yusi Akmal di Jalan Dahlia Rawa Laut dan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan ZA Pagar Alam boleh berbangga. Pie susu pisang mulai dikenal luas.
Promo yang dilakukan melalui media sosial, bahkan lewat ulasan media elektronik yang membahas khusus kuliner Lampung ini pun cukup membantu keberadaan pie susu pisang. Lantas apa yang istimewa dari pie susu pisang Yusi Akmal ini? 

Jawabannya jelas ada pada penggunaan pisang dan padu padan kelezatan dasar pie. Di luar cita rasa itu, bentuk pie sus pisang Yusi Akmal juga unik. Sebab sang empunya sengaja membuat cetakan sendiri menyeruai pisang sebagai identitas kulinernya.

Pie Susu Pisang ini ditawarkan dengan empat varian rasa, yakni Cokelat, Keju, Almond Raisin dan Oreo. Sementara, terdapat juga 2 jenis ukuran Pie Susu Pisang ini yakni ukuran Mini dan Besar.

Pie Susu Pisang dipasarkan mulai dari Rp 5.000 per buah untuk Pie Susu Pisang ukuran Mini, dan Rp 8.500 per buah untuk Pie Susu Pisang ukuran Besar.

Sekadar saran, jika Anda ingin mencicipi kue susu pisang dan membeli dalam jumlah banyak ada baiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Sebab biasanya, pie susu pisang kerap habis diburu pelanggan sebelum matahari tenggelam di ufuk barat.

"Untuk harga kami tawarkan mulai Rp 8500. Bisa dipesan di toko, pesan aja dulu karena takut kehabisan," terang dia menyarankan.

Untuk cabang Yussy Akmal di Jalan Jenderal Sudirman nomor 17A (sebelah Gelael), atau cabang Yussy Akmal Kedaton di Jalan ZA Pagar Alam (sebelah Soerabi Enhaii).[kompas]