Perlu Bantuan, Bayi di Mandau Idap Kelainan Ginjal

Senin, 05 Oktober 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Rafardan Asla (2 bulan), bayi laki-laki Eka Karnika warga  Jalan Bhakti Gang Arjuna, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis harus menjalani perawatan intensif di RSUD dr M Jamil, Padang Sumatera Barat, karena mengidap penyakit ginjal.

Penyakit yang diderita Asla yakni pembengkakan pada buah zakar, perut membesar dan keras serta badannya panas‎.

Menurut Eka Karnika, Asla yang lahir pada tanggal 23 Agustus 2015, lahir secara normal dan tidak ada kelainan pada pisiknya.

"Tapi, setelah 10 hari kemudian, ada hal-hal aneh yang terjadi terhadap anak saya, awalnya buah zakarnya bengkak dan badannya mulai panas. Lalu saya bawa ke RSUD Duri untuk diperiksakan dan setelah dilakukan pengecekan, ternyata pihak RS mengatakan, anak saya mengalami kelainan ginjal, " ujar Eka, Senin (5/10/15) pada wartawan.

Setelah keluar diagnosa dokter, lanjutnya, perut Asla pun mulai membesar dan keras.

Lantas dokter di RSUD Duri merujuk Asla ke RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru.

Dari diagnosa dokter di RSUD Arifin Achmad, Asla mengalami penyumbatan antara kantong kemi dengan batang penisnya.

"Saat kami berobat di RSUD Duri dan RSUD Arifin Achmad, Kamis (1/10/15) lalu menggunakan Jamkesmasda, kami tidak mengeluarkan biaya. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan, kami kembali kerumah," tambahnya.

Lantaran penyakit Asla tak kunjung membaik, kerabat Eka menyarankan berobat ke Rumah Sakit dr M Jamil di Padang, Sumatera Barat.

Dari diaknosa RSUD dr M Jamil, Minggu (4/10/15) diketahui bahwa anaknya   mengalami kelainan ginjal.

"Alhamdulillah, setelah mendapatkan perawatan di RS M Jamil di Padang, kondisi perut anak saya sudah mulai mengecil dan lunak, sehingga kencingnya sudah mulai lancar, semoga anak saya segera sembuh dan normal kembali seperti anak anak lainnya," harap Eka. [**rdi]