Jamaah Haji Kloter 02 Debarkasi Batam Sampai di Bengkalis

Senin, 05 Oktober 2015 - 00:00:08 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Jamaah haji asal Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat dan Rupat Utara yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 02 Debarkasi Batam (BTH), Senin (5/10/2015) pagi ini, sekitar pukul 07.35 WIB, bertolak pulang menuju Kabupaten Bengkalis dengan kapal MV Dumai Line 5.

MV Dumai Line 5 disewa khusus Pemerintah Kabupaten Bengkalis bertolek dari Pelabuhan Sekupang Batam, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, untuk membawa 214 JH (termasuk 3 orang petugas haji) kembali ke kecamatan masing-masing.

Sebagaimana disampaikan Kasubbag Sosial Kemasyarakatan Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah H Hambali sebagai salah seorang panitia penjemputan kepulangan JH dari 6 kecamatan tersebut, dari Sekupang, Batam.

Dari Pelabuhan Sekupang kapal MV Dumai Line 5 langsung menuju pelabuhan Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu.

Estimasi Hambali, jika tidak ada aral melintang, Kapal MV Dumai Line 5 akan sandar di pelabuhan Sungai Pakning antara pukul 11.30 s/ 12.00 WIB untuk menurunkan 37 JH asal Bukit Batu dan 8 JH asal Siak Kecil.

Selanjutnya, Kapal MV Dumai Line 5 menuju Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis untuk mengantarkan 114 JH Kecamatan Bengkalis, 43 JH Bantan. Diperkirakan Kapal MV Dumai Line tambat tali di BSL sekitar pukul 12.00 s/d 12.30 WIB.

“Sehabis itu, Kapal MV Dumai Line 5 tidak langsung menuju Dumai. Namun terlebih dahulu mampir di pelabuhan Batu Panjang Rupat guna menurunkan 8 JH Rupat dan 1 JH Rupat Utara. Diperkirakan Kapal MV Dumai Line 5 tiba di pelabuhan Batu Panjang sekitar pukul 15.00 s/d 15.30 WIB,” kata Hambali.

Sementara Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri melaporkan, Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie yang ikut mendampingi Pelaksana Tugas Gubenur Riau (Plt GUbri) H Arsyadjuliandi Rachman menyambut kepulangan JH Kloter 02 BTH di Asrama Haji Batam Minggu (4/10/15) kemarin. Ahmad Syah juga pulang ke Bengkalis bersama para JH dari 6 kecamatan tersebut.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bersama 225 JH Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang juga tergabung dalam Kloter 02 BTH, JH dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari Tanah Suci Mekkah sekitar pukul 12.40 WIB dan sampai di Asrama Haji Batam pukul 13.45 WIB.

Kepulangan JH Kloter 02 BTH disambut secara resmi dalam sebuah acara yang dipimpin langsung Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman.

Acara penyambutan tersebut dipusatkan di aula penerimaan kepulangan JH di Aula Arafah 1 Asrama Haji Batam, llkl Engku Putri, Kota Batam.

Meskipun para JH Kloter 02 BTH yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Rabu (26/8/15) lalu sudah sampai di Tanah Air Minggu siang kemarin. Mereka tidak bisa langsung pulang ke daerah asal masing-masing.
Tetapi harus menginap terlebih dahulu semalam di Asrama Haji Batam. Dan, baru Senin pagi ini mereka pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Hanya saja, bedanya, jika JH asal Bengkalis bisa langsung sampai ke kecamatan masing-masing, tidak demikian halnya dengan JH asal Rohul.

JH Rohul yang sedianya pulang ke daerah asal mereka dari Batam via Pekanbaru menggunakan pesawat udara, tapi karena Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II lumpuh akibat kabut asap, penerbang mereka dialihkan melalui Bandara Internasional Minangkabau Padang, Sumatera Barat. Baru kemudian melanjutkan perjalanan menuju Rohul menggunakan jalur darat. [rdi]