Plt Gubri Janji Tahun Depan Riau Bebas Asap

Rabu, 09 September 2015 - 00:00:16 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kelompok pendemo dari Gerakan Rakyat Riau Melawan Asap akhirnya harus puas setelah Plt Gubri Arsyajuliandi Rahman, Rabu (9/9) menandatangi kesepakatan yang berjanji bahwa tahun depan Riau bebas asap. Kesepakatan ini ditandai penandatanganan "Petisi Riau Bebas Asap" oleh Plt Gubri, Dandrem Wirabima dan juga Kapolda Riau.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Rendi kepada Halloriau.com mengatakan di antara kedua belah pihak telah diambil keepakatan.

"Tadi Plt sudah menandatangani petisi Riau bebas asap ini," ujarnya sambil memperlihatkan kertas berisi petisi tersebut.

Jika nanti Plt tak memenuhi janji tersebut, Rendi mengatakan pihaknya akan kembali turun ke jalan untuk menagih janji Plt Gubri. "Memang tak ada sanksi dalam petisi tersebut, tapi kalau gak juga bebas asap ini ya kita turun lagilah," pungkasnya.

Sebelumnya, ratusan massa mengatasnamakan Gerakan Rakyat Riau Melawan Asap mengadakan aksi demo didepan Kantor Gunernur. Mereka menilai pemerintahan yang dipimpin oleh Plt Gubernur Riau, Arsyajuliandi Rahman mandul, Rabu (9/9). Hal ini dikarenakan sampai saat ini permasalahan asap yang sudah 18 tahun mendera Riau tak kunjung bisa diatasi.

Ratusan massa yang turun ke jalan menuntut pemerintah, baik Provinsi Riau maupun Pemerintah Pusat untuk menyetop penguasaan lahan gambut di Riau. Diduga inilah yang menjadi pemicu marak dan tak tuntasnya persoalan kabut asap di Riau.

Randi juga menegaskan pemerintah dalam waktu haris segera melakukan audit, evaluasi, dan revisi terhadap izin-izin pemanfaatan lahan oleh perusahaan. Pemerintah juga dituntut untuk memberikan kompensasi kesehatan kepada masyarakat Riau akibat mengirup udara tidak sehat. [**hrc]