Masjid Ajaib & Masjid Bawah Tanah, Masjid Unik di Indonesia

Jumat, 03 Juli 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dikenal juga dengan nama Masjid Ajaib, masjid ini sebenarnya adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Letaknya di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Disebut masjib ‘tiban’ karena katanya pembangunannya itu tanpa sepengetahuan warga sekitar. Dan langsung megah banget pula arsitekturnya. Ini juga yang bikin desas-desus kalau masjid ini pembangunannya dibangun sama pasukan jin! Weleh, weleh... Orang-orang pesantren sendiri udah mengkonfirmasi kalau pembangunan masjd ini sebenarnya dilakukan oleh para santri dan jamaah. 

Pesantren ini udah ada sejak tahun 1963 dan mulai dibangun sejak 1978, sedikit demi sedikit lama-lama jadi kayak sekarang. Selain megah, gaya arsitekturnya juga lumayan nyentrik, tapi dengan konsep ramah lingkungan. Nyunyu demen nih yang kayak gini. Dan nggak ada arsitek yang khusus merancang masjid ini loh.
 
Pembangunan masjid ini emang nggak main-main, guys. Bangunan utama pondok dan masjid udah sampai 10 lantai. Lantai 1 – 4 untuk tempat kegiatan para santri. Lantai 6 itu ruangan seperti ruang keluarga. Lantai 5, 7, 8 ada toko kecil yang dikelola para santriwati. Mereka menjual makanan ringan, pakaian, dan keperluan ibadah seperti sajadah, tasbih, dan lain-lain. Semua lantainya bisa dijelajahin pakai tangga atau lift. Di dalam komplek masjid dan pesantren juga ada area khusus tempat macam-macam hewan dan kolam renang, lengkap dengan perahu khusus untuk anak-anak yang berkunjung. 

Masjid Bawah Tanah Tamansari

Terletak di Taman Sari, Yogyakarta, Masjid Taman Sari dibangun di paruh pertama abad lalu, sekitar tahun 1765. Ada dua lantai dengan ruangan berbentuk bulat dan rongga jendela di bagian luarnya. Lantai bawah dipakai untuk jemaah wanita dan lantai atasnya untuk jemaah pria. Tangga dari menuju lantai atasnya ada di tengah-tengah lingkaran. Rupanya ada ruangan sauna yang dulu katanya suka dipakai raja untuk mandi. Ternyata Tamansari yang termasuk bagian dari Kraton Yogyakarta ini memang komplek pemandian. Bangunannya yang besar juga berfungsi sebagai benteng perlindungan bawah tanah. Tapi udah lama bangunan ini nggak difungsikan sebagai masjid. [***nyunyu]