Batu Pirus Besi Go Internasional

Ahad, 21 Juni 2015 - 00:00:01 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tak dapat dipungkiri lagi jika batu akik saat ini telah menjadi salah satu jenis perhiasan dan aksesoris yang kian jadi primadona. Kepopuleran batu akik saat ini pun seakan sudah tak terbatas lagi baik oleh usia maupun jenis kelamin. Tua, muda, pria maupun wanita bahkan bangsa lain kini telah kepincut dan menjadi penggemar setianya.

Batu akik yang trend sekarang ini makin diburu saja salah satunya dari daerah Palu, Sulawesi Tengah bernama Pirus Besi sejenis Badar atau Black and White Obsidian.

Batu akik lokal jenis ini dikenal hingga ke Thailand. Batu lokal ini memiliki kekerasan mineral 4,5 skala mohs yang ditemukan di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna oleh komunitas batu akik Tadulako Gemstone Palu.

Pirus Besi ini ternyata memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya, dia memiliki serat-serat didalamnya dan mempunyai corak khas serta bila disadingkan dengan magnet maka akan menyatu.

Selain dipasarkan di Palu dalam sebulan terakhir batu ini banyakn diexport ke negara Thailand hingga 500 biji jenis batu Pirus Besi. Memang harganya terjangkau jadi berbagai kalangan bisa mendapatkannya, mulai harga Rp 250 Ribu hingga jutaan, itu tergantung coraknya masing-masing dari dalam batu.

Masyarakat penggemar batu akik berharap, batu jenis ini bisa juga meramaikan pasar batu akik di Indonesia. Karena, kualitas dari batu ini sudah terbukti dan diminati hingga ke pasar mancanegara khususnya di pasar batu akik Thailand.[pbt]