Ini Metode 4M, Membuat Tidur Nyenyak dan Stres Berkurang

Rabu, 03 Juni 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia. Saat kualitas tidur terjaga dengan baik, maka kita bisa beraktivitas lebih nyaman dan berenergi. Tapi kalau kualitas tidur sudah terganggu, wah mau beraktivitas rasanya berat sekali, belum lagi dengan risiko stres yang makin meningkat.

Nah, supaya bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan mengurangi stress, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Berikut ini tips 4M yang bisa langsung Anda coba malam ini untuk tidur lebih nyenyak. Keempat tips ini bisa Anda jadikan kebiasaan harian Anda yang baru. berikut 4M tersebut dilansir dari vemale:

1. Melakukan Relaksasi
Sejam sebelum tidur, cobalah untuk melakukan aktivitas relaksasi. Misal, mandi dengan air hangat, melakukan yoga, meditasi, jalan-jalan santai di sekitar rumah, atau membaca buku. Pilihlah aktivitas yang bisa membuat Anda lebih tenang. Tidur dengan pikiran yang tenang akan membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak. Usahakan tubuh dan pikiran Anda dalam kondisi stabil saat akan berangkat tidur.

2. Mengurangi Asupan Kafein
Kalau Anda punya gangguan tidur, cobalah untuk mengurangi asupan kafein Anda. Jangan minum minuman berkafein mulai dari tengah hari. Penting juga untuk tidak mengonsumsi makanan berat di malam hari, agar tubuh Anda tak terforsir terlalu keras untuk mencerna makanan Anda.

3. Mengondisikan Tempat Tidur Anda
Semakin rapi tempat tidur Anda, kadar stres Anda bisa ikut berkurang. Jadi pastikan Anda selalu mengondisikan tempat tidur sebaik mungkin supaya bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Pencahayaan, suhu ruangan, dan juga suara-suara yang kiranya mengganggu tidur Anda perlu diperhatikan lebih baik lagi. Saat tempat tidur sudah nyaman, maka Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang Anda harapkan.

4. Mengikuti Jadwal Tidur yang Sama
Sangat disarankan untuk berangkat tidur dan bangun di pagi hari pada pukul yang sama. Jadwal tidur yang teratur akan sangat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Tubuh Anda akan terasa lebih bugar ketika rutinitas jadwal tidur Anda bisa dijaga dengan baik.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu menonaktifkan semua gadget dan alat elektronik Anda minimal sejam sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mendapatkan ketenangan dan kenyamanan untuk tidur.[vml]