Malaysia Ikut Khawatir Beras Plastik Masuk ke Negaranya

Selasa, 19 Mei 2015 - 00:00:05 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tak hanya Indonesia, pemerintah Malaysia juga meras was-was soal kabar ada beras plastik yang beredar di sejumlah negara. Pemerintah Malaysia khawatir beras palsu itu masuk ke negaranya.

Menteri perdagangan dalam negeri, kerjasama dan konsumerisme Hasan Malek sudah mengingatkan bawahannya agar gerak cepat menanggapi adanya kabar beras palsu. " Berita itu mungkin benar atau salah kita tidak tahu. Kita juga belum tahu apa beras itu sudah masuk ke negara kita," kata Hasan dikutip dari laman The Star online, Selasa (19/5).

Untuk mencegah beredarnya beras tersebut, Hasan langsung membentuk tim investigasi. Tim ini akan fokus pada pedagang beras eceran di desa dan daerah pinggiran. 

"Kita akan memimpin investigasi ini, namun jika ada masyarakat yang menemukan beras ini harap melaporkan ke kementerian. Semua laporan akan kami tindaklanjuti," pungkasnya.

Sementara para distributor beras di Malaysia juga khawatir, apalagi beras tersebut akan sulit dibedakan jika dicampur dengan beras lain. Kendati demikian, para distributor percaya bahwa beras jenis ini akan sulit masuk ke supermarket atau pasar besar. 

Malaysia adalah salah satu negara yang masyarakatnya paling gemar mengonsumsi nasi. Oleh karena itu, Malaysia dan juga Indonesia serta Vietnam disebut-sebut sebagai negara tujuan impor beras palsu ini. [merdeka]