70 Perempuan Jerman Bergabung dengan ISIS

Senin, 30 Maret 2015 - 00:00:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Sumber Badan Intelijen Domestik Jerman (BFV) mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 70 perempuan Jerman yang telah berangkat ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan kelompok militan ISIS. Dari jumlag tersebut, sembilan di antaranya merupakan siswi sekolah. 

Dilaporkan RT News pada Minggu (29/3), Kepala BFV, Hans-Georg Maassen menjelaskan bahwa 40 persen dari jumlah tersebut merupakan perempuan berusia di bawah 25 tahun. 

Maassen menilai meskipun ini bukan kasus yang pertama kali terjadi, namun tren menunujukkan bahwa perempuan direkrut untuk bergabung dengan ISIS dengan iming-iming mendirikan "kekhalifahan" di Irak dan Suiriah kini semakin meningkat, utamanya melalui jejaring sosial, seperti blog dan forum. 

Perekrut jihadis biasanya aktif dalam forum untuk mencari perempuan yang berminat "berjihad" dengan ISIS. Para perekrut kemudian menghubungi perempuan tersebut, menjalin hubungan dan mencoba menginspirasi mereka untuk menikah dengan jihadis.

Maassen memaparkan bahwa para perekrut menulis blog mereka dengan "deskripsi romantis" tentang hidup di kamp-kamp ekstremis. Sebagian besar perempuan yang direkrut bahkan tidak tahu apa yang akan mereka hadapi sesampainya mereka di markas ISIS. 

Petugas keamanan saat ini tidak memiliki informasi terkait kemungkinan para perempuan Eropa direkrut ISIS untuk melancarkan serangan bunuh diri.

Secara keseluruhan, BFV mengungkapkan bahwa Jerman telah "menyumbang" jihadis ISIS sebanyak 650 orang. [cnn]