Gayo Gudangnya Batu Bio Solar

Selasa, 13 Januari 2015 - 00:00:06 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Demam Batu Akik memang kian mewabah, dari remaja hingga orang tua, pria dan wanita. Bentuknya yang beraneka ragam ditambah warnanya yang menawan membuat orang menjadi terpesona. Tapi tahukah anda dimana salah satu daerah sumber batu yang banyak diburu saat ini?

Takengon, Aceh Tengah, memang gudangnya batu. Bagaimana tidak, secara geografis kawasan perbukitan yang terletak pada ketinggian antara 1.200 – 1.700 Meter dari permukaan laut (Mdpl) dengan beberapa aliran sungainya menyimpan segudang jenis batu. Salah satunya adalah jenis Batu Giok. Sehingga tak ayal dalam kurun waktu enam bulan terakhir kawasan ini diramaikan oleh para kolektor batu dari dalam negeri maupun luar.

Untuk berburu batu impian ini bukan perkara mudah. Mereka rela berhari - hari keluar masuk hutan hingga melawan derasnya jeram sungai hanya untuk mencari batu. Salah satu sungai yang kini kian dikenal para pemburu batu adalah di Sungai di wilayah Gayo. Batu yang menjadi incaran bernama Giok Lumut. Karena warnanya yang kehijauan seperti lumut dan jenis batunya yang keras membuat batu ini indah dan bernilai rupiah tinggi.

Saat ini hampir semua kampung di wilayah Gayo masyarakatnya berburu Giok, dan menjadikannya sebagai sumber pencaharian baru. Cara mereka berburu Giok pun bermacam-macam.
Dengan semakin tingginya harga jual Giok, para warga diseputaran rela berhari-hari memasuki hutan demi mendapat barang yang diinginkan. Meski bergitu, kata Juliyan masyarakat disana mengaku senang karena ada yang membeli, saat ini penghasilan masyarakat disana pun bertambah sejak beberapa bulan belakangan.

Batu Giok Lumut dihargai selangit bisa mencapai puluhan juta. Batu Idocrase Natural dipatok dengan harga sekitar Rp 1 juta hingga Rp 6 juta untuk setiap kilonya dalam bongkahan batu besar. Sementara Batu Bio Solar dan Solar Rp1 juta hingga 4 juta per kilogram, Batu Belimbing Rp 500 ribu hingga 700 ribu per kilogram, Batu Nephrite berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu, Batu Belimbing Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta, dan Batu Neon Rp 700 ribu hingga Rp1 juta. Banyak juga jenis batu lainnya seperti Batu Lavender, Black Jade, Cempaka, Kecubung dan sebagainya.
Jadi bila kini anda mendengar Tanah Gayo bukan hanya dikenal dengan kopinya, tetapi juga ternama dengan batu-batunya yang cukup menawan terutama batu jenis giok. [pbt]